Jakarta (ANTARA) - Pelatih bulu tangkis tunggal putra Indonesia Irwansyah menyoroti pentingnya kepercayaan diri agar anak asuhnya bisa lebih konsisten di setiap turnamen, terlebih Olimpiade 2024 Paris sudah di depan mata.

Kepercayaan diri tersebut, kata Irwansyah, bisa didapatkan salah satunya melalui kekuatan pikiran yang tenang, fokus, dan positif.

“Yang penting adalah dari pikiran. Satu, memang dari fisiknya, makanya latihannya selalu saya naikkan (intensitasnya) walaupun minggu depan ada kejuaraan. Kan, karena kita mau kejarnya Olimpiade (Paris). Jadi, ini tangga-tangganya saja (menuju ke Olimpiade),” kata Irwansyah saat ditemui wartawan di Pelatnas PP PBSI Cipayung, Jakarta Timur, beberapa waktu lalu.

Adapun ia menilai tiga tunggal putra utama Indonesia yakni Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, dan Chico Aura Dwi Wardoyo sudah menunjukkan progres yang positif dalam beberapa turnamen terakhir.

“Jadi kemajuannya setiap kejuaraan sudah lebih bagus, jadi memang saya yakinnya nanti ke depannya itu pasti mereka bisa dapat momennya lagi, bisa dapat juara lagi,” ujar pelatih.

Untuk Anthony Ginting, pada tahun ini ia sudah meraih gelar juara di turnamen BWF Super 750 Singapore Open dan Badminton Asia Championship (BAC) serta finalis di turnamen BWF Super 1000 Indonesia Open.

Lebih lanjut, Jonatan Christie baru-baru ini keluar sebagai juara turnamen BWF Super 750 French Open setelah sebelumnya menjadi pemenang dua turnamen BWF Super 500 Hong Kong Open dan Indonesia Masters, serta finalis turnamen BWF Super 750 Japan Open.

Untuk Chico, tahun ini ia memenangkan gelar juara di turnamen BWF Super 300 Taipei Open dan menjadi finalis di turnamen BWF Super 500 Indonesia Masters serta SEA Games 2023 Kamboja.

Baca juga: Pelatih: performa Jonatan di French Open sangat memuaskan

“Saya yakin sama mereka, karena pemain-pemain kita ini sudah pemain yang hebat, pemain hebat banget. Tapi, kadang-kadang mereka ini kurang percaya dengan mereka sendiri dan pressure itu kadang-kadang mereka buat sendiri, datang sendiri,” kata Irwansyah.

“Memang tidak gampang untuk dibicarakan dan tidak gampang untuk dihadapi waktu kita di lapangan. Makanya kalau mereka bisa dengan tenang, dengan fokus menjalankan apa yang kita sudah strategikan dan di latihan itu sudah kita latih, segalanya itu ke sananya lebih enak,” ujarnya menambahkan.

Irwansyah pun mengatakan tidak akan bosan untuk menjadi suporter nomor satu bagi para pemain tunggal putra Indonesia dengan memberikan latihan serta merangkul mereka dengan dukungan dan arahan yang tepat.

“Makanya mudah-mudahan konsistensinya itu tetap bisa terus ada. Saya sebagai pelatih bersama dengan tim juga, punya sasaran utama untuk membuat mereka konsisten,” kata pelatih.

“Paling penting memang kepercayaan diri mereka dan mudah-mudahan lebih yakin dengan kemampuannya dan itu semua sudah dibuktikan (kalau mereka hebat),” imbuhnya.

Baca juga: Gelar juara French Open buat Jonatan haus menangi turnamen lain
Baca juga: Shesar lalui hambatan rubber game pada pembukaan Korea Masters

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023