aksi solidaritas Palestina penting untuk memperjuangkan hak-hak rakyat Palestina
Ambon (ANTARA) - Puluhan mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon melakukan penggalangan dana kemanusiaan untuk membantu korban konflik di Palestina.

"Kami perwakilan dari kampus IAIN Ambon memulai penggalangan dana untuk Palestina sejak 9 November 2023 hingga nanti pada 14 November 2023," ucap Koordinator lapangan aksi penggalangan dana, Yunita Bugis di Ambon, Jumat.

Yunita mengatakan, aksi penggalangan dana oleh mahasiswa IAIN Ambon tersebut dibagi menjadi tujuh titik di Kota Ambon yaitu Bundaran Johanes Leimena, Durian patah, Jl. Jendral Soedirman, Terminal Mardika, kawasan Taman Lambon dan kawasan monumen Gong Perdamaian Dunia Kota Ambon, dan area kampus IAIN Ambon.

"Pada hari pertama total dana yang telah terkumpul sebanyak Rp9 juta Insha Allah akan lebih banyak lagi ke depannya," kata Yunita.

Ia melanjutkan, aksi penggalangan dana yang dilakukan itu juga sebagai bentuk tindak lanjut dari Surat Edaran (SE) Menteri Agama Republik Indonesia nomor 12 tahun 2023 tentang aksi solidaritas dan doa bersama untuk Palestina.

Baca juga: RI salurkan donasi dari pelaku usaha kosmetik untuk anak di Palestina
Baca juga: HNW sebut Indonesia wajib memberikan bantuan dana kepada Palestina


Ia mengatakan bahwa aksi solidaritas itu dilakukan semata-mata karena keperdulian dan rasa kemanusiaan para mahasiswa IAIN Ambon untuk para korban konflik di Palestina.

"Nantinya dana yang terkumpul akan diserahkan langsung kepada Kementerian Agama untuk selanjutnya disumbangkan kepada warga Palestina," tuturnya.

Sementara itu, sejak pecah konflik di Palestina pada 7 Oktober 2023, masyarakat Kota Ambon dari berbagai kalangan suku, ras, dan agama telah melakukan sejumlah aksi solidaritas atas banyaknya korban yang ditimbulkan akibat konflik tersebut.

Adapun ratusan pemuda Maluku yang tergabung dalam Aliansi Peduli Palestina menggelar aksi solidaritas dan doa bersama untuk Palestina di halaman Masjid Raya Al-Fatah Ambon.

Aksi solidaritas Palestina ini dilakukan untuk mengekspresikan dukungan dan solidaritas terhadap rakyat Palestina dalam perjuangan mereka memperoleh keadilan, hak asasi manusia dan kemerdekaan.

“Aksi solidaritas Palestina penting untuk memperjuangkan hak-hak rakyat Palestina dan mendukung perjuangan mereka untuk kemerdekaan, perdamaian dan keadilan,” kata koordinator aksi doa bersama, Mustaqim Rumasukun.

Aksi solidaritas ini juga mencerminkan keinginan generasi muda Maluku untuk berkontribusi dalam upaya menciptakan perdamaian di Palestina dan mengakhiri penderitaan yang telah berlangsung begitu lama.

Baca juga: Siswa Wahdah Islamiah kumpul donasi puluhan juta untuk Palestina
Baca juga: Baznas ajak pemengaruh galang dana bantuan kemanusiaan Palestina
Baca juga: Siswa SMP di Banda Aceh galang dana untuk Rakyat Palestina


Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023