Indonesia harus membantu bangsa Palestina baik dengan doa maupun dengan dana
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (HNW) menegaskan bahwa Indonesia wajib memberikan bantuan kepada bangsa Palestina, baik melalui doa maupun dukungan finansial, guna mencegah penjajahan Israel terhadap Palestina.

“Indonesia harus membantu bangsa Palestina baik dengan doa maupun dengan dana agar bangsa Palestina tidak dijajah oleh Israel,” kata HNW saat orasi dalam Aksi Akbar Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina di Monas, Jakarta, Minggu.

Baca juga: Wakil Ketua MPR sebut selamatkan Palestina bagian jihad konstitusi

Baca juga: Jusuf Kalla: Negara Islam di timur tengah harus bersatu bela Palestina


Menurutnya, kemerdekaan negara Republik Indonesia tidak dapat dipisahkan dari dukungan yang diberikan oleh bangsa Palestina.

“Kita bukan hanya sudah bisa memerdekakan Indonesia, tapi kemerdekaan Indonesia itu juga karena dukungan dari bangsa Palestina,” imbuhnya.

HNW menambahkan bahwa pada tahun 1938 pendiri Nahdlatul Ulama KH Hasyim Asy'ari dan KH Abdul Wahab Hasbullah telah mengeluarkan fatwa yang menekankan kewajiban bangsa Indonesia untuk mendukung negara Palestina agar terhindar dari penjajahan Israel.

Adapun fatwa tersebut pada akhirnya menjadi alinea pertama dalam pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 yang menegaskan komitmen Indonesia untuk menolak segala bentuk penjajahan dan mendukung kemerdekaan.

“Fatwa ulama ini diterjemahkan oleh Bung Karno sebagai penolakan penjajahan Israel terhadap Palestina dan mendukung kemerdekaan bangsa Palestina,” ungkapnya.

Selanjutnya ia memberikan apresiasi kepada pemerintah Indonesia atas upaya diplomasi yang telah dilakukan, termasuk pengiriman bantuan kemanusiaan.

HNW juga menyatakan bahwa masih ada langkah-langkah yang dapat diambil sesuai dengan apa yang telah disampaikan dalam pernyataan bersama pemerintah Indonesia.

Hal ini bertujuan untuk lebih meningkatkan tekanan dan solidaritas bersama dengan negara-negara lain dalam upaya mencapai kemerdekaan bangsa Palestina.

Ia juga mengharapkan agar Amerika Serikat menghentikan bantuan dan dukungannya kepada Israel untuk memastikan penegakan hukum kemanusiaan serta menghormati hukum internasional.

Pewarta: Rivan Awal Lingga
Editor: Sigit Pinardi
Copyright © ANTARA 2023