Dari 14 persen masyarakat yang tidak puas, tercatat 41,3 persen memilih Prabowo-Gibran, Anies-Muhaimin 37,8 persen, dan Ganjar-Mahfud 14,5 persen.
Jakarta (ANTARA) - Poltracking Indonesia mencatat 76,2 persen masyarakat puas atas pemerintahan Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin, sedangkan 14 persen lainnya mengatakan tidak puas.

"Dari 76,2 persen masyarakat yang mengatakan puas terhadap pemerintahan Joko Widodo sebaran pilihannya terhadap Prabowo-Gibran sebanyak 39,2 persen," ujar Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda dalam rilis secara daring yang dipantau di Jakarta, Jumat.

Prabowo-Gibran, seperti yang disampaikan Hanta, mencatat suara terbanyak pada kategori masyarakat yang menyatakan puas atas pemerintahan Jokowi-Ma'ruf.

Sementara itu, dari 76,2 persen masyarakat yang menyatakan puas dengan pemerintahan saat ini, sebanyak 34,9 persen memilih Ganjar-Mahfud, dan posisi ketiga tercatat 20,8 persen suara untuk Anies-Muhaimin.

"Jadi, data ini cukup menarik bahwa pertama yang puas terhadap kinerja Jokowi mayoritas mendukung Prabowo-Gibran, lalu suara terbelah ke Ganjar-Mahfud," kata Hanta.

Hanta menjelaskan bahwa suara untuk Prabowo-Gibran juga tercatat masih paling tinggi untuk kategori masyarakat yang menyatakan tidak puas dengan kinerja pemerintahan saat ini.

Dari 14 persen masyarakat yang tidak puas tersebut, kata dia, tercatat 41,3 persen memilih Prabowo-Gibran, di posisi kedua Anies-Muhaimin 37,8 persen, dan Ganjar-Mahfud 14,5 persen.

Survei Poltracking Indonesia pada tanggal 28 Oktober—3 November terhadap 1.220 responden dengan wawancara tatap muka.

Survei ini juga melaporkan bahwa pasangan Prabowo-Gibran unggul di kalangan milenial muda berumur 22—30 tahun. Sebaran kelompok pemilih milenial muda merupakan kelompok pemilih terbanyak dalam survei ini, yaitu 24,5 persen.

Tercatat Prabowo-Gibran menduduki peringkat pertama dengan 42,1 persen, disusul Ganjar-Mahfud 27,2 persen, lalu di posisi ketiga Anies-Muhaimin dengan 26,9 persen.

Baca juga: Charta Politika: Kepuasan publik pada kinerja pemerintah 75,5 persen
Baca juga: LSI Denny JA: Prabowo-Gibran unggul pada pemilih puas kinerja Jokowi

Pewarta: Rina Nur Anggraini
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023