.....Ketika jalan tol ini selesai maka kurang lebih 30 menit untuk sampai ke IKN Nusantara.
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Negara atau IKN mengungkapkan progres pembangunan Jalan Tol IKN Nusantara Seksi 5A saat ini mencapai 61,34 persen.

"Progres Jalan Tol IKN Seksi 5A saat ini mencapai 61,34 persen," ujar Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Hidayat Sumadilaga di Jakarta, Jumat.

Danis menambahkan,  pembangunan Jalan Tol IKN Seksi 3A saat ini mencapai 34,22 persen. Sedangkan progres Jalan Tol IKN Seksi 3B telah mencapai 42,67 persen.

Baca juga: Menteri PUPR: Jepang pelajari investasi lumbung pangan di IKN

Proses pembangunan Jalan Tol IKN terus berlangsung. Kehadiran Jalan Tol IKN nantinya dapat memangkas waktu perjalanan dari Kota Balikpapan ke IKN Nusantara.

Pembangunan tol akses IKN Nusantara ini mempercepat mobilitas orang dan barang dari dan menuju IKN.

"Untuk menuju kawasan KIPP IKN dari Balikpapan saat ini membutuhkan waktu 2 jam 30 menit. Ketika jalan tol ini selesai maka kurang lebih 30 menit untuk sampai ke IKN Nusantara," kata Danis.

Jalan Tol IKN Seksi 5A merupakan ruas tol yang terkoneksi dengan Tol IKN Seksi 5B dan kemudian nantinya terhubung dengan Tol IKN Seksi 6A dan 6B yang menuju Sub Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN.

Jalan Tol IKN Seksi 3A dan 3B nantinya terkoneksi dengan Jalan Tol Balikpapan - Samarinda yang sudah beroperasi melayani masyarakat.

Baca juga: PUPR: Progres jalan sisi barat pusat pemerintahan IKN capai 72 persen

Jalan Tol Akses IKN merupakan salah satu infrastruktur dasar di IKN yang pembangunannya dipercepat oleh Kementerian PUPR dalam rangka mendukung konektivitas dan dimulainya pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke IKN Nusantara secara bertahap pada 2024.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023