Jakarta (ANTARA) -
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Suharso Monoarfa menyatakan penggunaan data harus sedemikian rupa menjadi bagian dari inklusivitas (keterbukaan akses) serta harus dapat dibuka untuk bisa dikolaborasikan.

Oleh karena itu, menurut Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) itu dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu, data yang akurat tentu harus mutakhir, lengkap, kredibel dan dapat diakses.

Menurut dia, sebagai Badan Perencanaan Pembangunan Nasional yang memiliki tugas untuk membuat perencanaan, memonitor hingga mengevaluasi pelaksanaan pembangunan maka ketersediaan data dari segi perencanaan sangat penting.

"Oleh karena itu penggunaan data harus sedemikian rupa menjadi bagian dari inklusivitas kemudian harus dapat dibuka untuk dapat dikolaborasikan,” ujarnya pada Gelaran Digital Reality dan Geospasial HxGN LIVE Indonesia 2023 di Jakarta, 7-8 November 2023.

Baca juga: Menteri ATR: Data geospasial penting bagi banyak lembaga

Gelaran Digital Reality dan Geospasial HxGN LIVE Indonesia 2023 merupakan kegiatan pameran yang menunjukkan kecanggihan teknologi pengukuran, pemetaan dan survei.

Pada kesempatan itu Suharso menyebutkan tiga hal penting pemanfaatan big data dan artificial intelligence (AI) seperti prediksi perubahan iklim, prediksi bencana (banjir, gempa, kekeringan) dengan lebih akurat dan ekonomi inklusif dengan memajukan UMKM.

Pada acara tersebut juga ditampilkan sejumlah peran teknologi dan aktivitas transformasi digital yang telah dilakukan di berbagai sektor.

Seperti proses digitalisasi rekonstruksi kecelakaan lalu lintas pada Korps Lalu Lintas (Korlantas) Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia.

Baca juga: Menteri PPN ungkap urgensi manajemen informasi geospasial yang terpadu

PT Hutama Karya juga turut memaparkan penggunaan teknologi digital di bidang geospasial untuk pembangunan dan pemeliharaan jalan tol Trans Sumatera.

Juga ditampilkan pemanfaatan teknologi digital di bidang geospasial untuk pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, hingga pemeliharaan Candi Borobudur sebagai salah satu kegiatan konservasi sebagai bangunan bersejarah.

Sementara itu President Asia dari Hexagon Geosystems Faheem Khan menyebutkan Leica Geosysten dan Hexagon turut berpartisipasi pada proyek IKN Nusantara.

"Teknologi Airborne mapping platform kami turut membantu pemetaan dan survei sejak rencana awal proyek IKN Nusantara, jauh sebelum pembangunan fase pertama proyek IKN Nusantara, karena dalam membangun sebuah kota, banyak elemen dan beragam aspek penting yang perlu diketahui," katanya.

Melalui kegiatan gelaran tersebut, lanjutnya, diharapkan dapat menjembatani penyampaian informasi mengenai solusi teknologi terbaru kepada para pemilik bisnis, pemangku kepentingan, perencana pekerjaan, serta pelaksana lapangan ruang lingkup geospasial beserta dengan pendukungnya.

Pewarta: Subagyo
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023