Jakarta (ANTARA) - PP Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) mengumumkan tim Indonesia Patriots yang berada di bawah organisasi tersebut tak lagi berkompetisi di IBL mulai musim 2024.

Tim yang berisi para pemain muda Indonesia bentukan PP Perbasi itu disebut memiliki rencana dengan program lain dalam langkah pembinaannya, tanpa mengikuti kompetisi bola basket di Tanah Air.

"PP Perbasi sudah mengirimkan surat bahwa Indonesia Patriots tidak akan ambil bagian pada kompetisi IBL," kata Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Junas menyebut IBL selalu mendukung program-program tim nasional Indonesia. "Kami juga turut bangga selama ini bisa mematangkan para pemain muda Indonesia bersama Indonesia Patriots di kompetisi IBL," kata Junas.

Awal terbentuknya tim Indonesia Patriots dimulai pada musim kompetisi IBL 2020 yang bertujuan mempersiapkan potensi pemain jelang FIBA World Cup 2023. Indonesia Patriots sempat berubah konsep dari tim berisikan pemain senior pada IBL 2020, menjadi tim yang menampilkan pemain-pemain muda sejak IBL 2021 hingga IBL 2023.

Perbasi disebutkan telah memiliki program untuk pembinaan Indonesia Patriots. Selain mengirimkan mereka berlaga pada turnamen di luar negeri, Perbasi juga sudah bekerja sama dengan Federasi Bola Basket Lithuania.

Baca juga: Kelly Purwanto perpanjang kontrak dengan Hangtuah di usia 40 tahun

"Kerja sama dengan Federasi Bola Basket Lithuania membuat kami harus lebih fokus memberi ruang lebih banyak kepada pemain muda mendapatkan jam terbang. Salah satunya adalah mengirim mereka belajar ke Lithuania. Karena itu Indonesia Patriots tidak bisa ikut IBL," kata Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih.

Sebelumnya, Perbasi menjalin kerja sama dengan Federasi Bola Basket Lithuania (LTU Basketball) untuk mengembangkan olahraga bola basket Tanah Air di beberapa aspek, khususnya pada pemain muda.

Kerja sama yang dijalin pada akhir Oktober itu memungkinkan LTU Basketball untuk memberikan berbagai pengalaman, pengetahuan, dan manajemen pengembangan olahraga basket kepada Indonesia.

Baca juga: Firman Dwi Nugroho lanjut bersama Dewa United di IBL 2024
Baca juga: Hardianus berpisah dengan Satria Muda setelah 10 tahun

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023