para pelaku berpura-pura membeli mobil dari DDY, yakni mobil Fortuner tahun 2020
Jakarta (ANTARA) -
Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya menangkap tiga orang terkait kasus penemuan mayat yang diketahui berinisial DDY (38) di Banjir Kanal Timur (BKT), Cakung, Jakarta Timur pada Jumat (10/11).
 
"Resmob PMJ  mengamankan tiga tersangka yang berinisial R (29) sebagai yang memiliki Ide, IS (31) Eksekutor, JS (48) sebagai penadah," kata Kasubdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Titus Yudho Ully dalam keterangannya Minggu.
 
Titus menjelaskan para pelaku berpura-pura membeli mobil dari DDY, yakni mobil Fortuner tahun 2020. Saat bertemu di lokasi, mereka menggunakan transaksi pembelian palsu hingga membuat DDY curiga.
 
"Karena korban tidak percaya terhadap bukti transfer palsu tersebut korban ingin pulang kemudian diantar oleh para tersangka, pada saat diperjalanan di dalam mobil para tersangka melakukan aksinya dengan menyayat leher korban dan menusuk beberapa kali ke dada korban. Kemudian korban dibuang di saluran air BKT Cakung," kata Titus.
 
Titus menyebut para pelaku sempat ingin melarikan diri seusai membunuh DDY.

Titus juga menyampaikan polisi masih memburu satu pelaku lagi yang kini berstatus Daftar Pencarian Orang (DPO).

Sebelumnya sesosok mayat pria tanpa identitas ditemukan mengapung di aliran Kanal Banjir Timur (KBT) Cakung, Jakarta Timur, Jumat siang, yang diduga korban pembunuhan.

Kapolsek Cakung Kompol Panji Ali Chandra ketika ditemui di lokasi penemuan mayat tersebut mengatakan, dugaan kematian mayat yang diperkirakan berusia 40 tahun itu karena dibunuh karena ada luka sayatan dan luka tusuk.

"Dugaan sementara pembunuhan karena ada luka sayatan di leher dan bagian dada mayat. Untuk luka di tangan kemungkinan perlawanan korban, tapi kami masih dalami," kata Panji.

Dia menduga lokasi pembunuhan pria yang ditemukan mengenakan celana pendek berwarna coklat dan kaus biru bertuliskan "Travelling" itu bukan di kali tersebut, melainkan wilayah lain.

"Kemungkinan di sini hanya tempat pembuangan saja. Eksekusinya tidak di sini," katanya.

Polsek Cakung sudah memintai keterangan dari sejumlah saksi mata yang menemukan mayat tersebut. "Saksi sementara ada tiga orang, sudah kita periksa," kata Panji.
Baca juga: Warga evakuasi sesosok mayat tergenang di saluran air Jakut
Baca juga: Seorang mayat laki-laki ditemukan di aliran KBT Cakung
Baca juga: Pria ditemukan meninggal di toko susu di kawasan Mampang

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023