Jakarta (ANTARA) - Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (Dirjen AHU) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) menerbitkan Surat Keputusan (SK) kepengurusan baru Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI), yang dipimpin Herman Herry.

“Alhamdulillah. Kami sangat mengapresiasi kemenkumham dalam memberikan pelayanan optimal dan profesional dengan menerbitkan SK Kepengurusan DPP HNSI, hasil keputusan Munas HNSI VIII di Bali, 2-5 November 2023," kata Sekretaris Jenderal HNSI Lydia Assegaf dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.

Keputusan Kemenkumham Nomor AHU-0001561.AH.01.08.Tahun 2023 Tentang Persetujuan Perubahan Perkumpulan Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia itu resmi diterbitkan pada Jumat, 10 November 2023. Kata dia, SK dari Kemenkumham telah menambah semangat dan soliditas seluruh DPD dan DPC di seluruh Indonesia.

Susunan pengurus HNSI yakni Ketua Umum Herman Herry Andranacus, Wakil Ketua Umum Agus Suherman, Sekretaris Jenderal Lydia Assegaf, Wakil Sekretaris Jenderal Camelia, Bendahara Umum Raja Humuntar dan Dewan Pengawas Yussuf Solichien.

"Sekarang saatnya kami fokus untuk langsung bergerak cepat, menjalankan program kerja serta program prioritas dari ketua umum Herman Herry yang juga anggota DPR,” kata Lydia menegaskan.

Menyikapi SK kepengurusan baru HNSI tersebut, Kemenkumham mendapat apresiasi dari seluruh pengurus HNSI di daerah. Ketua DPD HNSI Jawa Tengah Riswanto menyampaikan SK kepengurusan yang baru diterbitkan itu sebagai wujud kepedulian pemerintah terhadap kesejahteraan nelayan di tanah air.

“Saya kira ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah dalam hal ini Menkumham untuk mendorong percepatan kesejahteraan para nelayan. Sehingga dengan SK kepengurusan baru HNSI itu seluruh pengurus baik pusat hingga daerah dapat bekerja lebih cepat untuk mewujudkan kesejahteraan para nelayan di seluruh pelosok tanah air,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPD Sumatera Utara Zulfahri menyatakan Herman Herry sebagai Ketua Umum HNSI yang baru dapat melahirkan segudang gagasan untuk mewujudkan kesejahteraan para nelayan.

“Kami sangat yakin Pak Herman Herry bisa memimpin roda organisasi nelayan ini dengan baik dan bergerak dengan cepat. Tentu kami seluruh pengurus daerah siap untuk mendukung penuh seluruh kebijakan guna kemajuan para nelayan,” katanya menegaskan.

Ketua DPD Kalimantan Timur, Hamzah menegaskan bahwa HNSI siap menancap gas untuk terus melaksanakan kerja-kerja konkret bersama pemerintah dan seluruh stakeholder dalam menjawab masalah-masalah nelayan.

“HNSI harus bisa menjadi corong bagi setiap nelayan dalam menyampaikan aspirasinya, dan yang terpenting harus bisa membantu menciptakan solusi atas masalah nelayan di seluruh Indonesia,” katanya.

Baca juga: HNSI gelar munas di Bali pastikan aktif perjuangkan nasib nelayan
Baca juga: HNSI Jatim imbau nelayan patuhi standar keselamatan melaut

Pewarta: Fauzi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023