Pekerjaan ini dalam rangka meningkatkan keamanan pengguna jalan tol sekaligus upaya pemenuhan standar pelayanan minimal Badan Usaha Jalan Tol
Bekasi, Jawa Barat (ANTARA) - PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) melakukan pekerjaan pemeliharaan rutin dengan rekonstruksi jalan di ruas Tol Jakarta-Cikampek dari wilayah Karawang hingga Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, yang berlangsung sampai pekan depan.

"Pekerjaan ini dalam rangka meningkatkan keamanan pengguna jalan tol sekaligus upaya pemenuhan standar pelayanan minimal Badan Usaha Jalan Tol," kata Senior Manager Representative Office 1 PT JTT Amri Sanusi di Bekasi, Jabar, Minggu.

Dia merinci pekerjaan pertama dilakukan di titik akses masuk Karawang Barat 1 sepanjang 65 meter pada lajur 3 dan akses masuk Karawang Barat 2 sepanjang 70 meter tepat di lajur 1 dan bahu luar.

"Pekerjaan di titik ini dimulai sejak Jumat (10/11) pukul 21.00 WIB lalu sampai Senin (13/11) pukul 08.00 WIB mendatang," katanya.

Pekerjaan pemeliharaan rutin serupa juga dilakukan di akses masuk Karawang Timur 2 arah Cikampek sepanjang 200 meter mulai Sabtu (11/11) pukul 22.00 WIB sampai dengan Senin (13/11) pukul 05.00 WIB.

Mulai nanti malam pukul 21.00 WIB hingga Kamis (16/11) pukul 08.00 WIB juga terdapat pekerjaan pemeliharaan jalan di akses keluar menuju Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang) dari Jakarta sepanjang 150 meter lajur bahu luar.

Pekerjaan rekonstruksi juga dilakukan di wilayah Kabupaten Bekasi yakni Km 33+860 sampai 33+840 pada lajur 1 dan bahu luar sepanjang 20 meter serta Km 27+000 hingga 26+960 sepanjang 40 meter di lajur 1 dan 2 arah Jakarta.

"Pekerjaan ini dijadwalkan mulai Senin (13/11) pukul 10.00 WIB sampai Sabtu (18/11) pukul 00.00 WIB. Tidak ada penutupan jalan selama seluruh pekerjaan berlangsung. Ruas Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta maupun arah Cikampek masih beroperasi secara normal," katanya.

Pihaknya telah menyiapkan prosedur mitigasi di antaranya pengalihan arus lalu lintas yang terdampak sebelum area kerja, mempersempit area kerja, hingga persiapan skema lawan arah apabila kondisi lalu lintas kendaraan padat.

"Kami juga melakukan koordinasi dengan kepolisian patroli jalan raya dan PT Jasamarga Tollroad, operator dalam hal pengaturan lalu lintas," katanya.

Pihaknya juga melakukan sosialisasi rencana pekerjaan dengan memasang media luar ruang berupa spanduk imbauan pekerjaan dan Variable Message Sign di kedua arah Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek guna memastikan informasi ini diterima dengan baik oleh pengguna jalan.

PT Jasamarga Transjawa Tol memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat adanya pekerjaan dimaksud sekaligus mengimbau pengguna jalan mengantisipasi perjalanan dengan memastikan kendaraan dalam keadaan prima, saldo uang elektronik cukup, serta mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan.

"Selalu berhati-hati dan menaati rambu-rambu terutama di sekitar lokasi pekerjaan," ucap dia.

Pengguna jalan juga dapat mengakses informasi seputar lalu lintas jalan tol Jasa Marga Group melalui One Call Center 24 jam di nomor 14080 dan aplikasi Travoy 4.1 untuk pengguna iOS dan Android.


Baca juga: Jalan Tol Serpong-Cinere ditargetkan beroperasi dalam waktu dekat
Baca juga: Jasa Marga luncurkan pembaruan pedoman pengadaan barang dan jasa
Baca juga: Kementerian PUPR memulai pembangunan Jalan Tol Akses Patimban

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023