Xiamen (ANTARA) - Forum Kerja Sama Rumput Laut China-ASEAN dibuka pada Sabtu (11/11) di Xiamen, Provinsi Fujian, China timur.

Forum tersebut dihadiri oleh lebih dari 90 peserta, termasuk pejabat, pakar, dan pelaku bisnis dari China, Indonesia, Malaysia, dan Filipina, serta perwakilan organisasi internasional.

China, Indonesia, Filipina, dan Malaysia masuk dalam jajaran produsen dan pedagang rumput laut terkemuka di dunia, yang telah menjalin kerja sama teknologi, industri, dan pendidikan selama bertahun-tahun.

Topik-topik yang meliputi situasi industri rumput laut saat ini, prospek produksi dan perdagangan rumput laut, kemajuan kerja sama ilmu pengetahuan dan teknologi rumput laut, serta perkembangan industri rumput laut regional dibahas dalam forum tersebut.

Para peserta mengatakan bahwa forum itu memiliki manfaat timbal balik untuk mempromosikan industri rumput laut yang saling melengkapi di China dan kawasan ASEAN, menyediakan makanan sehat dan peluang kerja, sekaligus meningkatkan pendapatan serta mempromosikan perlindungan lingkungan.

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023