Bengalyry, Bhopal, India (ANTARA) - Diwali, festival cahaya bagi umat Hindu, dirayakan di seluruh India, dengan menyalakan lampu, lampion, dan kembang api untuk menandai kemenangan cahaya atas kegelapan, kebaikan atas kejahatan, dan kearifan atas kebodohan.

Diwali merupakan festival utama di India dalam setahun, sebuah kesempatan untuk berbenah rumah, membeli pakaian baru, dan tentu saja, menikmati pesta, makan-makan, dan saling bertukar hadiah. Festival Diwali tahun ini jatuh pada 12 November.

Kota Ayodhya di Negara Bagian Uttar Pradesh, India utara, menyalakan lebih dari 2,2 juta lampu minyak tanah selama perayaan Deepotsav pada malam menjelang Diwali, mencatatkan Rekor Dunia Guinness untuk penyalaan lampu dalam jumlah yang sangat banyak.
 
Sejumlah wanita berbelanja neragam produk dekorasi rumah menjelang perayaan Festival Diwali, yang juga dikenal sebagai festival cahaya, di Bhopal, India, pada 7 November 2023. (Xinhua/Str)
 
Sejumlah orang membeli perhiasan emas di sebuah toko perhiasan saat perayaan Dhanteras, hari pertama yang menandai Festival Diwali, di Bhopal, India, pada 10 November 2023. (Xinhua/Str)
 
Tiga orang wanita India menyalakan lampu tanah saat merayakan festival Diwali yang juga dikenal sebagai festival lampu di Bhopal, ibu kota negara bagian Madhya Pradesh, India, pada 11 November 2023. (Str/Xinhua)
 
Seorang wanita berbelanja lentera warna-warni menjelang Festival Diwali yang juga dikenal sebagai festival lampu, di Bengaluru, India pada 10 November 2023. (Str/Xinhua)

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023