Jadi saya ingin kita tidak menyia-nyiakan momentum pelaksanaan event ini guna mendorong tumbuhnya daya saing produk dan pangan lokal. Pelaku-pelaku UMKM kita harus bisa memanfaatkan event ini sebaik mungkin,"
Medan (ANTARA News) - Penyelenggara SOM III APEC 2013 di Medan diharapkan dapat meningkatkan promosi, penjualan pangan dan pemanfaatan produk-produk lokal, kata pelaksana tugas Wali Kota Medan Dzulmi Eldin di Medan, Selasa.

"Jadi saya ingin kita tidak menyia-nyiakan momentum pelaksanaan event ini guna mendorong tumbuhnya daya saing produk dan pangan lokal. Pelaku-pelaku UMKM kita harus bisa memanfaatkan event ini sebaik mungkin," katanya di Medan Selasa.

Hal itu dikemukakan dalam acara kunjungan lapangan peserta "Policy Partnership on Food Security (PPFS) Plenary 2 Senior Official Meeting (SOM) III" Asia Pasific Economic Coorporation (APEC) 2013 di Kecamatan Medan Tuntungan.

Eldin mengatakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sampai saat ini sangat penting kedudukannya dalam perekonomian Kota Medan, demikian juga dalam penyerapan angkatan kerja.

Di samping itu UMKM sangat besar peranannya untuk menjadi perisai ekonomi agar tidak masuk pada jurang krisis berkepanjangan.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), proporsi jumlah pengusaha mikro, kecil dan menengah di Kota Medan mencapai 99 persen dari total pengusaha yang ada.

"Hal ini menunjukkan besarnya ketimpangan produktivitas antara usaha besar dan UMKM. Kondisi ini memerlukan perkuatan dari berbagai pihak secara sinergis terhadap UMKM," katanya.

Eldin menjelaskan, sampai 2012 jumlah UMKM di Kota Medan mencapai 222.133 pelaku usaha dengan jenis usaha perdagangan jasa, industri kerajinan dan aneka usaha.

Mengingat potensi besar yang ada pada UMKM, Pemkot Medan menetapkan peningkatan kedudukan, fungsi dan peranan UMKM dalam perekonomian kota sebagai salah satu agenda prioritas pembangunan.

Untuk itu Eldin menyamaikan rasa terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada Medan sebagai salah satu kota penyelenggara SOM III APEC 2013, termasuk melakukan "Field Trip".

Diharapkan melalui event ini, promosi, penjualan pangan dan pemanfaatan produk-produk lokal semakin meningkat. "Produk-produk UMKM sesungguhnya sangat potensial untuk perluasan ekspor nasional dan regional bila kualitas dan jaminan ketersediaanya dapat terus ditata dan dibina lebih baik," katanya.
(KR-JRD/S004)

Pewarta: Juraidi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013