Surabaya (ANTARA) - Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali menitipkan pesan kepada seluruh pemain Tim Nasional Indonesia U-17 agar memanfaatkan Piala Dunia U-17 sebagai momen menambah pengalaman untuk kebutuhan karir di masa depan.

"Ambil kesempatan sebaik-baiknya, banyak di luar sana yang ingin seperti kalian bermain di piala dunia, namun mereka tidak punya kesempatan," kata Amali saat memberikan keterangan di Pusat Informasi Piala Dunia U-17 di Surabaya, Minggu.

Amali menyebut anak-anak muda yang mengisi daftar pemain Tim Nasional U-17 merupakan putra-putra terbaik bangsa, hal itu harus dijadikan motivasi untuk mengejar masa depan.

Baca juga: Daftar nomor punggung resmi timnas Indonesia di Piala Dunia U-17

Apalagi para pemain terpilih melalui tahapan seleksi ketat yang langsung dilakukan oleh pelatih kepala Bima Sakti.

"Yang saya sampaikan kalian merupakan 21 orang yang terpilih dari 200 juta lebih rakyat Indonesia dan itu luar biasa," ujarnya.

Tak hanya itu, mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI itu juga menyebut bahwa para punggawa "Garuda Muda" merupakan generasi pertama pascakemerdekaan yang bermain di kompetisi Piala Dunia.

Sekalipun turnamen kali ini adalah ajang kelompok usia, namun atmosfer yang disajikan tentu berbeda dari kejuaraan sepak bola lainnya.

Baca juga: Calon pemain bintang dari Asia yang akan memikat di Piala Dunia U-17

Sebab, kata dia, kesebelasan di ajang ini merupakan tim-tim terbaik dan punya kualitas di atas rata-rata.

"Senior-senior kalian sebelumnya, baik yang sudah legenda maupun yang masih bermain tidak pernah punya kesempatan merasakan main di piala dunia," katanya.

Karenanya, dia berharap anak asuh Bima Sakti benar-benar bisa memanfaatkan ajang kali ini untuk menapaki masa depan yang gemilang, baik untuk karir pribadi maupun membantu membangun persepakbolaan Nasional.

"Kalian harus main bagus seperti ini karena banyak pemandu-pemandu bakat datang dari berbagai klub dunia yang melihat, dan mudah-mudahan nasib baik menyertai kalian," ucap dia.

Baca juga: Arkhan Kaka: Semua tim grup A Piala Dunia U-17 sama kuat
Baca juga: Jokowi puji Timnas U-17 tahan imbang Ekuador

Pewarta: Willi Irawan/ Ananto Pradana
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023