Jakarta (ANTARA) - Personel Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur menyelamatkan seorang berinisial A (33) yang tersetrum di tiang listrik saat melakukan penyambungan dan pemasangan instalasi baru pada Minggu.

Lokasi kejadian berada ​​​​​di Jalan Pisangan Baru Utara RW 13, Kelurahan Pisangan Baru, Kecamatan Matraman, Jakarta Timur (Jaktim), Minggu.

Sebelum personel Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin 
Gulkarmat) Jakarta Timur tiba di lokasi, warga yang diselamatkan itu sempat bergelantungan di tiang listrik. Korban tersetrum saat memegang kabel listrik.

Kepala Seksi (Kasi) Operasional Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur Gatot Sulaeman mengatakan, korban tidak sengaja menyentuh kabel yang masih terdapat aliran listrik.

"Saat sedang penyambungan untuk pemasangan baru ke rumah warga, korban tidak sengaja memegang kabel yang ada aliran listriknya sehingga tersetrum," kata Gatot ketika dikonfirmasi di Jakarta.

Baca juga: Sebuah rumah di Lubang Buaya ludes terbakar
Baca juga: Empat kios ludes terbakar di Ciracas


Sudin Gulkarmat Jakarta Timur mengerahkan 12 personel untuk mengevakuasi korban yang saat itu masih bergelantungan di tiang listrik.

Namun saat sampai di lokasi, korban berupaya seorang diri turun menggunakan tangga, meski petugas sudah meminta korban untuk tetap di tiang listrik sambil menunggu petugas lainnya untuk melakukan evakuasi.

"Kami kerahkan 12 personel dan dua unit mobil 'rescue'. Saat sampai di lokasi pihak kami hanya membantu korban turun dari tangga karena korban turun sendiri dan diberikan penanganan ke tempat yang aman untuk dilakukan pengecekan kondisi fisik sementara," kata Gatot.

Akibat peristiwa itu, korban mengalami luka bakar pada telapak tangan bagian kanan.
Selain itu, daya fokus komunikasi korban juga sempat terganggu karena kondisi masih "shock".

Korban langsung dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Matraman, Jakarta Timur, untuk penanganan medis.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023