Setelah dilakukan perbaikan, saat ini akses internet layanan Telkom Group sudah normal kembali,"
Jakarta (ANTARA News) - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) menyatakan infrastruktur kabel laut miliknya di jalur Tanjung Pandan-Pontianak-Batam kembali pulih setelah sempat terganggu akibat pengerjaan jaringan oleh pihak ketiga.

"Setelah dilakukan perbaikan, saat ini akses internet layanan Telkom Group sudah normal kembali," kata Operation Vice President Public Relations Telkom, Arif Prabowo dalam siaran pers yang diterima Antara di Jakarta, Selasa.

Menurut Arif, pihaknya meminta maaf atas ketidaknyaman pengguna layanan telekomunikasi selama penanganan gangguan tersebut.

Ia menjelaskan gangguan kabel laut yang terhubung dari wilayah Sumatera, tepatnya jalur Tanjung Pandan yang menuju Pontianak serta jalur Batam, terjadi Selasa sekitar pukul 12:00 WIB.

"Terputusnya kabel laut karena ada proses pengerjaan jaringan di wilayah Tanjung Pandan," tegasnya.

Untuk itu Telkom langsung melakukan perbaikan secepatnya, termasuk mengalihkan rute (rerouting) akses internet ke jalur lainnya yang juga milik Telkom.

"Hingga pukul 18:00 WIB pengerjaan perbaikan masih berlangsung, namun akses komunikasi sudah mulai normal kembali," ujarnya.
(R017/A039)

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013