Jakarta (ANTARA) -
Berbagai peristiwa politik telah diwartakan Kantor Berita ANTARA pada Minggu (12/11), mulai dari Presiden Joko Widodo yang membahas mengenai kemerdekaan Palestina hingga calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka menegaskan akan mengusung narasi penyempurnaan alih-alih perubahan.

Berikut rangkuman berita politik kemarin untuk Anda simak kembali.


1. Jokowi: RI dan Yordania berpandangan sama wujudkan Palestina merdeka

Presiden RI Joko Widodo mengemukakan Indonesia dan Yordania memiliki pandangan yang sama dalam mewujudkan perdamaian menuju Palestina merdeka.

Pernyataan itu disampaikan Presiden Jokowi dalam pertemuan bilateral dengan Raja Yordania, Abdullah II bin Al-Hussein, di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Riyadh, Arab Saudi, Sabtu (11/11).

"Mendukung upaya King Abdullah mendorong perlunya terobosan politik bagi dimulainya proses perdamaian menuju kemerdekaan Palestina," ujar Presiden Jokowi melalui Sekretariat Presiden di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya di sini.


2. Menkopolhukam ajak ratusan mahasiswa di Cirebon jaga pemilu damai

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) RI Mahfud Md mengajak ratusan mahasiswa dan santri di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, untuk berpartisipasi mengawal jalannya Pemilu 2024 agar terlaksana secara benar serta damai.

Hal itu disampaikan Menkopolhukam setelah menghadiri Harlah Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (PTNU) XVI di Pondok Pesantren (Ponpes) Khas Kempek Cirebon, Minggu.

Selengkapnya di sini.


3. Yakin pilpres satu putaran, Repnas deklarasi dukung Prabowo-Gibran

Relawan Pengusaha Muda Nasional (Repnas) mendeklarasikan diri mendukung bakal pasangan calon presiden-wakil presiden Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, serta meyakini Pemilu Presiden (Pilpres) 2024 akan digelar satu putaran.

“Tentunya kehadiran Mas Gibran menambah semangat di Repnas dan kita yakin kita akan mengantarkan prabowo gibran menang satu putaran,” kata Ketua Umum DPP Repnas Anggawira, saat membuka acara deklarasi untuk Prabowo-Gibran, di Jakarta Selatan, Minggu malam.

Selengkapnya di sini.


4. Jokowi: Tindakan keji di Palestina langgar hukum Internasional

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyatakan tindakan keji terhadap warga sipil Palestina di Tepi Barat adalah pelanggaran serius terhadap hukum internasional dan nilai-nilai kemanusiaan.

"Indonesia berkomitmen mendukung Palestina secara optimal dan konkret. Kekerasan harus segera dihentikan. Pemindahan paksa warga sipil harus diakhiri dan aturan kemanusiaan harus segera diberikan," kata Presiden Jokowi dalam pernyataannya melalui Sekretariat Presiden di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya di sini.


5. Gibran tegaskan usung narasi penyempurnaan bukan perubahan

Bakal calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka menegaskan bahwa narasi yang dibangunnya dalam membangun Indonesia adalah gagasan penyempurnaan, bukan perubahan.

"Saya selalu menyampaikan narasi penyempurnaan jadi tak ada yang namanya perubahan,” kata Gibran saat menghadiri deklarasi dukungan Relawan Pengusaha Muda Nasional (Repnas) kepada Prabowo-Gibran, di Jakarta, Minggu malam.

Selengkapnya di sini.

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023