Jakarta (ANTARA) - Polisi menutup jalan di depan Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, menjelang penetapan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pada Senin.

Penutupan dilakukan sejak pukul 10.30 WIB. Penutupan arus lalu lintas dilakukan untuk rute menuju Bundaran Hotel Indonesia (HI) atau Jalan MH Thamrin. Selain itu arah Taman Suropati atau menuju kawasan Menteng.

Penutupan jalan dilakukan menggunakan pembatas (barrier) berwarna putih dan hitam
setinggi sekitar dua meter. Di belakang "barrier",  kendaraan taktis bersiaga seperti "water canon" dan mobil pengurai massa.

Personel Kepolisian berjaga di sekitar Gedung KPU. Personel pengamanan internal KPU RI yang dikenal sebagai "Jagad Saksana" juga berjaga di sekitar Gedung KPU.

Baca juga: Polda kerahkan 1.318 personel amankan penetapan capres-cawapres di KPU

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, pihaknya mengerahkan sebanyak 1.318 personel gabungan untuk mengamankan pengumuman penetapan pasangan capres dan (cawapres).

Trunoyudo menjelaskan ribuan personel itu terdiri dari 388 personel Satuan Tugas Daerah (Satgasda), 30 personel Satuan Tugas Resor (Satgasres) serta 900 personel pasukan Bawah Kendali Operasi (BKO) yang berasal dari Kodam Jaya, Korbrimob dan Korsabhara.

Trunoyudo menambahkan, pihaknya juga menyiapkan rekayasa lalu lintas di sekitar Kantor KPU guna mengantisipasi kemacetan kendaraan. ​​

​​​​"Rekayasa lalu lintas kita laksanakan secara situasional," kata Trunoyudo.

Baca juga: KPU DKI sebut persiapan logistik Pemilu 2024 capai 70 persen

Ketua KPU Hasyim Asy'ari menegaskan, penetapan daftar calon tetap pasangan calon presiden dan calon wakil presiden untuk Pemilu 2024 dilakukan pada Senin ini.

"Insyaallah hari Senin (13/11), setelah KPU mengambil keputusan tentang pasangan capres-cawapres peserta Pemilu 2023," ujar Hasyim di Kantor Bawaslu RI, Jakarta, Jumat (10/11).

Hasyim menjelaskan KPU melakukan rapat pleno secara tertutup sebelum mengumumkan penetapan pasangan capres-cawapres. "Kalau kami sudah mengambil keputusan, nanti akan kami sampaikan melalui konferensi pers," katanya.

KPU RI telah menerima pendaftaran tiga pasangan bakal capres-cawapres untuk Pemilu 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD serta Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023