Tabalong, Kalimantan Selatan (ANTARA) - PT Adaro Energy Indonesia bersama Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia-Seksi Penanggulangan Gangguan Refraksi (PERDAMI-SPGR) membagikan kacamata gratis bagi siswa dan tenaga pendidik di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan.

CSR Division Head PT Adaro Energy Indonesia Okty Damayanti di Tabalong, Senin, menyampaikan bahwa kacamata bisa meningkatkan prestasi dan penglihatan semakin baik.

"Dulu pakai kacamata itu aib dan aneh. Sekarang dengan kacamata bisa meningkatkan prestasi dan jadi lebih cantik," ungkap Okty.

Baca juga: 1.000 guru dan murid dapat kaca mata gratis

Okty menceritakan saat duduk di sekolah dasar terpaksa harus mengenakan kacamata, karena matanya ternyata minus sembilan.

Namun, setelah memakai kacamata Okty merasakan “dunia” lebih terang dan kegiatan belajar di sekolah tak terganggu.

Dari pengalaman masa kecilnya ini, Okty mengajak puluhan siswa SD Negeri Mabuun Kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan untuk segera memeriksakan mata jika ada keluhan penglihatan.

Dewan Penasehat Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia Nila Djuwita Moeloek (Menteri Kesehatan periode 2014-2019) mengatakan bersama PT Adaro Energy Indonesia ingin menjadikan sumber daya manusia semakin berkualitas melalui program pemberian kacamata gratis.

"Tanpa penglihatan yang baik, dunia pendidikan juga tidak akan optimal," ungkap Nila.

Kacamata menjadi masalah setelah katarak dan sangat diperlukan bagi anak-anak yang punya gangguan refraksi.

Setelah pandemi COVID-19, anak-anak sangat tergantung gadget untuk pembelajaran secara daring, sehingga tingkat gangguan rafraksi atau penglihatan meningkat.

"Saya ingin para guru di Tabalong bisa melakukan skrining awal kelainan refraksi pada murid," ujar Nila.

Nila berharap kerja sama dengan PT Adaro Energy Indonesia terus berlanjut untuk membantu para siswa bisa mendapat penglihatan lebih baik.

Mewakili Bupati Tabalong, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Febriadin Hafiz menyampaikan apresiasi atas kerja sama PERDAMI-SPGR dan PT Adaro Energy Indonesia dalam melaksanakan program pemberian kacamata gratis.

Baca juga: Astra bagikan 2.000 kacamata gratis di Talaud

Baca juga: Alfamart bagikan ribuan kacamata dan sepatu gratis


"Para siswa dan masyarakat penerima program kolaborasi ini bisa merasakan manfaatnya dalam mewujudkan kesehatan mata," kata Febriadin.

Program pemberian kacamata gratis Adaro bersama PERDAMI-SPGR di Kabupaten Tabalong mencakup SDN Mabuun 1, SDN Cakung Permata Nusa, SDN Kasiau, SDN Sulingan , SDN Mantuil, SDN 1.2 Belimbing Raya, SDN 3 Belimbing Raya, dan SDN 2 Pembataan.

Selain pemberian kacamata gratis, juga dilakukan pelatihan guru untuk dapat melakukan skrining awal kelainan refraksi pada murid, termasuk pemeriksaan kesehatan mata oleh dokter dari PERDAMI dan pemeriksaan refraksi oleh refraksionis bagi murid, guru dan tenaga kependidikan di sekolah.

Program ini diharapkan dapat menurunkan angka kelainan refraksi pada siswa dan tenaga pengajar di sekolah dasar.

Pewarta: Taufik Ridwan/Herlina Lasmianti
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023