Target yang ditetapkan Sumbar di 2023 sebesar 95 persen untuk komitmen kepala daerah untuk meningkatkan jumlah masyarakat yang memiliki jaminan kesehatan. Saat ini 97,10 persen masyarakat Bukittinggi ini sudah terdaftar sebagai peserta JKN
Bukittinggi,- (ANTARA) -
Pemerintah Kota Bukittinggi Sumatra Barat berhasil berhasil melampaui target yang diminta pemerintah pusat dalam raihan Universal Health Coverage (UHC) dengan capaian 97 persen di tahun 2023.
 
"Target yang ditetapkan Sumbar di 2023 sebesar 95 persen untuk komitmen kepala daerah untuk meningkatkan jumlah masyarakat yang memiliki jaminan kesehatan. Saat ini 97,10 persen masyarakat Bukittinggi ini sudah terdaftar sebagai peserta JKN," kata Kepala Dinas Kesehatan Bukittinggi Linda Faroza di Bukittinggi, Senin.

Universal Health Coverage (UHC) merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, bermutu dengan biaya terjangkau.
 
Linda Faroza menjelaskan, tidak hanya itu, target capaian peserta aktif untuk Provinsi Sumbar mencapai angka sebesar 75 persen bisa dilewati Kota Bukittinggi yang berhasil meraih angka 76,77 persen.
 
Menurutnya, capaian ini membuktikan bahwa cakupan pelayanan kesehatan di Kota Bukittinggi terus meningkat. Kerja sama dan koordinasi yang baik antara instansi terkait seperti Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Catatan Sipil, dan BPJS, sehingga cakupan kepesertaan terus terjalin.
 
"Dalam target cakupan kepesertaan, Kota Bukittinggi telah menyempurnakan akses terhadap pelayanan kesehatan esensial dan pengurangan jumlah orang yang menderita kesulitan keuangan untuk berobat atau membutuhkan pelayanan kesehatan," katanya.
 
Ia menjelaskan, pelayanan ini meliputi penyempurnaan akses terhadap obat-obatan vaksin diagnostik, alkes essential pada pelayanan kesehatan primer.
 
"Pemerintah kota Bukittinggi telah berkomitmen UHC perencanaan. Pengalokasian anggaran yang cukup sampai dengan akhir tahun menjadi salah satu bukti," katanya
 
Sebelumnya, Bukittinggi telah diakui menjadi yang terbaik dalam akses layanan kesehatan masyarakat melalui penghargaan yang diberikan langsung Gubernur Sumbar kepada Wali Kota Bukittinggi yang diwakili Kepala Dinas Kesehatan.
 
Pemkot Bukittinggi dinilai menjadi daerah paling baik dalam memberikan akses pelayanan kesehatan dan memfasilitasi masyarakat dengan cepat terhadap kebutuhan kesehatan.
 
Lalu usulan kepesertaan jaminan kesehatan masyarakat yang butuh pelayanan kesehatan baru, melalui program Bukittinggi hebat maupun JKSS. 

Pewarta: Altas Maulana
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2023