Tentu saja akan ditindaklanjuti oleh para investor untuk dibicarakan.
Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin menerima kunjungan Sekretaris Partai Komunis Tiongkok Komite Provinsi Zhejiang Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Yi Lianhong di Istana Wakil Presiden RI, Jakarta, Senin.

Dalam kesempatan tersebut, Wapres dan Yi Lianhong membahas berbagai kerja sama RI dengan Tiongkok khususnya Provinsi Zhejiang yang telah dicapai dan dapat ditingkatkan ke depan.

"Mereka tidak hanya membahas mengenai berbagai pencapaian yang telah dicapai dalam kerja sama, khususnya pada sektor investasi Tiongkok oleh Provinsi Zhejiang dan Indonesia, tetapi juga untuk prospek yang lebih cemerlang," ujar Duta Besar RRT untuk Indonesia Lu Kang usai ikut menghadiri pertemuan tersebut di Jakarta, Senin.

Dubes Lu Kang mengatakan bahwa Yi Lianhong ke Indonesia merupakan kunjungan perdana. Kedatangannya di Istana Wakil Presiden RI disambut hangat Wapres Ma'ruf Amin.

Menurut Lu Kang, banyak potensi kerja sama antara RI dan Tiongkok dalam hal ini Provinsi Zhejiang.

Lu Kang menuturkan bahwa Yi Lianhong sangat tertarik dengan kerja sama industri halal yang gencar dipromosikan Wakil Presiden Ma'ruf Amin, termasuk saat berkunjung ke Tiongkok pada bulan September lalu.

Sementara itu, Wapres Ma'ruf mendorong lebih banyak investasi dari Tiongkok, termasuk untuk industri nikel dan lainnya.

"Tentu saja akan ditindaklanjuti oleh para investor untuk dibicarakan. Kedua belah pihak juga melihat prospek yang lebih cemerlang," ujar Lu Kang.

Yi Lianhong tiba di Indonesia pada Minggu (12/11) malam, dan akan berada di Indonesia hingga Rabu (15/11).

Baca juga: Wapres terima kunjungan Dubes Arab Saudi minta perkuat bilateral
Baca juga: Wapres sebut transversal penggerak menuju Indonesia Emas 2045

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023