Kami berharap akan muncul desainer modest fesyen berbakat yang memanfaatkan kekayaan wastra Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) menyelenggarakan program reality show IN2THENEXT sebagai wadah branding modest fesyen dalam negeri.

"Kami berharap akan muncul desainer modest fesyen berbakat yang memanfaatkan kekayaan wastra Indonesia dari empat Provinsi Pariwisata Ramah Muslim Indonesia, yaitu Jawa Barat, Sumatera Barat, Nusa Tenggara Barat, dan Sulawesi Selatan," kata Deputi Bidang UKM Kemenkop UKM Hanung Harimba Rachman saat memberikan sambutan dalam launching IN2THENEXT di Auditorium Kemenkop UKM, Jakarta, Senin.

Hanung menyampaikan untuk hasil casting reality show IN2THENEXT tahun ini menghasilkan delapan kontestan desainer muda yang merupakan para desainer terpilih dari pemenang kompetisi Fesyar 2023, juga desainer usulan dari sekolah mode Esmod Jakarta dan Indonesian Fashion Chamber (IFC).

"Melalui upaya ini, desainer-desainer unggul yang memiliki potensi besar dapat bersaing serta memajukan sektor modest fesyen dalam negeri ke kancah internasional," ujarnya.

Para kontestan desainer tersebut akan berkesempatan untuk bekerja sama dengan para desainer ternama Indonesia yang nantinya bukan hanya menjadi juri tetapi juga menjadi mentor. Hasil karya pemenang kompetisi akan ditampilkan pada main event fesyen show IN2MF yang berlangsung pada Oktober 2024.

Senada, Direktur PT Maxerman Edward Mamahit selaku tim produksi IN2THENEXT mengatakan Indonesia sebagai penduduk Muslim terbesar memiliki potensi untuk menjadi tren setter global untuk industri modest fesyen.

"Hal ini didorong dengan banyaknya karya desainer kita yang memanfaatkan wastra lokal yang tersebar di berbagai daerah. Para desainer akan diuji serangkaian tantangan untuk menciptakan modest fesyen unsur wastra," ujarnya.

Program Reality Show IN2THENEXT terdiri atas empat episode dengan format kompetisi modest fesyen.

Episode 1 dan 2 pada 13 Desember 2023 akan ditayangkan di WeTV. Sedangkan, untuk episode 3 dan 4 pada 20 Desember 2023. Acara tersebut juga akan disiarkan di Okezone MNC TV pada 29 dan 30 Desember 2023 sebagai acara spesial akhir tahun.

"Saat ini, kami bekerja sama dengan WeTV untuk di Indonesia dan regional Asia. Dan nantinya pada tahun 2024 akan berkembang menjadi 14 episode dengan melibatkan lebih banyak desainer muda. Tujuan utamanya adalah memperluas eksposur modest fesyen kita ke kancah dunia," kata Edward.

Baca juga: Kemenkop UKM dukung ekosistem fesyen lokal lewat inkubasi PINTU
Baca juga: Kemenkop UKM produksi reality show mewujudkan RI pusat modest fesyen
Baca juga: Kemenkop UKM siap kolaborasikan IN2MOTIONFEST-Festival Fesyen Lombok


Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023