Ini menjadi hal baik dan peluang untuk pembalap kita untuk bisa bersaing di kejuaraan dunia
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo mengatakan Kejuaraan Dunia Jetski (Aquabike Jetski World Championship) 2023 menjadi ajang bagi para pembalap Indonesia untuk unjuk gigi di tingkat internasional.

“Tentu ini menjadi hal baik dan peluang untuk pembalap kita untuk bisa bersaing di kejuaraan dunia ini,” kata Menpora Dito dalam jumpa pers virtual di Jakarta, Senin.

Lebih lanjut, Dito mengatakan hal ini juga merupakan bukti olahraga internasional yang mempercayakan Indonesia sebagai tuan rumah berbagai turnamen kelas dunia.

Adapun Danau Toba di Sumatera Utara menjadi lokasi penyelenggaraan Kejuaraan Dunia Jetski 2023, serta memperkenalkan salah satu destinasi wisata super prioritas Indonesia tersebut dan mendorong sport tourism.

Baca juga: Aquabike Jetski World Championship dimeriahkan pesta rakyat

“Pastinya untuk perkembangan olahraga air, dampak kejuaraan dunia ini sangat signifikan. Kepercayaan dunia dengan Indonesia terkait olahraga air semakin kuat,” ujar Menpora Dito yang juga merupakan Ketua Panitia Nasional Penyelenggara Kejuaraan Dunia Jetski 2023 tersebut.

Di samping itu, Menpora juga mengatakan kejuaraan ini sekaligus menjadi persatuan, pertukaran budaya, dan semangat sportivitas global.

“Upaya kolektif kami tidak hanya akan meninggalkan jejak yang tak terhapuskan di lanskap olahraga ini, tetapi juga akan menempa kenangan abadi bagi para peserta dan penonton,” kata dia.

“Kita akan membuat Kejuaraan Dunia Jetski Aquabike Danau Toba 2023 menjadi acara yang tak terlupakan,” ujarnya menambahkan.

Baca juga: Kejuaraan Dunia Jetski Danau Toba diikuti 118 pembalap dari 22 negara

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Uno menyatakan, perhelatan akbar ini menjadi ajang untuk meningkatkan perekonomian di Sumatera Utara.

“Kami optimistis kejuaraan internasional itu mampu mendatangkan banyak wisatawan dan membangkitkan UMKM lokal sehingga pada akhirnya mampu semakin menggerakkan roda perekonomian,” kata Menparekraf.

Sementara itu, Kejuaraan Dunia Jetski 2023 di Danau Toba akan berlangsung pada 22-26 November. Acara ini nantinya juga akan dimeriahkan dengan Pesta Rakyat. Serangkaian atraksi, pertunjukan budaya, serta festival kuliner juga akan dihadirkan bersamaan dengan kejuaraan tersebut.

Kejuaraan Dunia Jetski 2023 di Danau Toba juga bakal diselenggarakan di empat kabupaten yakni Samosir, Karo, Dairi, dan Toba. Arena ini diperkirakan akan dihadiri lebih dari 100 ribu penonton.

Baca juga: Pemprov Sumut ajak masyarakat sukseskan Aquabike Jetski World 2023
Baca juga: Pesepak bola Radja Nainggolan antusias sambut Aquabike Jetski di Toba
 

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023