Kita ada pangan lagi, dari pemerintah pusat kita menerima delapan ribu ton lagi
Garut (ANTARA) - Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan pemerintah pusat mengalokasikan sebanyak 8.000 ton beras program bantuan El Nino bagi masyarakat kurang mampu di Kabupaten Garut Jawa Barat sehingga bisa membantu memenuhi kebutuhan pangannya.

"Kita ada pangan lagi, dari pemerintah pusat kita menerima delapan ribu ton lagi," kata Rudy Gunawan kepada wartawan di Garut, Senin.

Ia menjelaskan bantuan beras sebanyak delapan ribu ton itu merupakan kedua kalinya yang dipasok pemerintah pusat untuk Kabupaten Garut.

Bantuan beras sebelumnya, kata dia, diberikan untuk masyarakat miskin saat musim kemarau pada September dan Oktober, selanjutnya akhir tahun akan mendapatkan lagi delapan ribu ton program bantuan El Nino.

"Yang kesatu delapan ribu ton, ada lagi sekarang delapan ribu ton kita dapat untuk El Nino," katanya.

Ia menyampaikan bahwa bantuan pangan beras itu sudah akan siap didistribusikan bulan ini oleh pemerintah pusat, kemudian nanti didistribusikan oleh Kantor Pos ke masyarakat penerima manfaat.

Terkait sasaran penerima bantuan beras itu, katanya, sama seperti jumlah penerima beras sebelumnya sebanyak 275.045 keluarga penerima manfaat (KPM) masing-masing sebanyak 10 kg.

"Sama jumlah penerima kalau yang kita," katanya.

Rudy Gunawan menambahkan, selain dari pemerintah pusat, Pemkab Garut juga menyiapkan bantuan beras gratis bagi masyarakat miskin untuk menutupi rumah tangga miskin yang tidak mendapatkan bantuan beras dari pemerintah pusat.

"Ada 200 ton lagi untuk dibagikan kepada masyarakat," katanya.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2023