Jambi (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Jambi sudah menerima sumbangan sebesar Rp350 juta dari berbagai organisasi dan masyarakat untuk bantuan kemanusiaan ke Palestina.

“Hingga saat ini bantuan kemanusiaan sudah terkumpul sebanyak Rp350 juta dan segera disumbangkan ke Palestina,” kata Ketua Baznas Provinsi Jambi Hasan Basri, di Jambi Senin.

Ratusan juta donasi itu diterima dari TP PKK Provinsi Jambi, kabupaten dan kota, PKP Al Hidayah di Pal 10 Jambi dari wali santri, santri, guru dan karyawan, Baznas kabupaten dan kota serta Baznas Provinsi Jambi.

Hasan Basri mengatakan penggalangan donasi untuk Palestina akan terus berjalan, mengingat animo masyarakat Jambi sangat luar biasa bersedekah untuk saudara-saudara di Palestina.

Baca juga: Pemkab Banyuwangi kirim bantuan kemanusiaan untuk Palestina

Baca juga: Bupati Siak serahkan Rp1,3 miliar dana bantuan untuk Palestina


“Melihat banyak anak-anak yang menjadi korban perang di sana, mungkin warga Jambi terpanggil batinnya untuk berdonasi,” kata Hasan Basri.

Dalam waktu dekat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi akan mengadakan doa bersama dan penggalangan dana yang nantinya akan di pusatkan suatu tempat.

“Ketika donasi yang dicanangkan oleh Pak Gubernur jalan, maka dana itu akan digabung dan Pak Gubernur bersama Baznas dan perwakilan masyarakat akan berangkat ke Jakarta menyerahkan dana ini ke Baznas RI dan saat ini kita kumpulkan dulu baru nanti dikirim,” katanya.

Sementara itu, PKK Provinsi Jambi juga turut melakukan aksi penggalangan dana untuk memberikan bantuan bagi warga Palestina di jalur Gaza. Bantuan yang sudah terkumpul saat ini capai Rp106 juta.

Ketua TP-PKK Provinsi Jambi Hesnidar Haris yang juga istri Gubernur Al Haris itu menyebutkan dalam aksi kemanusiaan semua anggota TP-PKK kabupaten dan kota se-Provinsi Jambi kompak dan ikhlas dalam membantu sesama saudara di Palestina.

"Kita bersama-sama, melakukan penggalangan dana untuk membantu saudara-saudara kita di Palestina," katanya.

Lebih Lanjut, istri Gubernur Jambi itu juga menegaskan bahwa semua hasil sumbangan itu langsung diserahkan kepada Basnaz Provinsi Jambi.

“Bantuan sebesar Rp106 juta dari tim PKK yang diserahkan langsung kepada Baznas Provinsi Jambi," kata Hesnidar Haris.

Di sisi lain disebutkan bahwa peristiwa yang terjadi di Palestina saat ini cukup menarik perhatian berbagai pihak, bahkan dalam peristiwa ini banyak sekali memakan korban jiwa bahkan sampai ribuan orang tewas.

Ketua TP PKK itu juga mengajak dan mengimbau semua pihak untuk lebih peduli dengan warga Palestina. Ini bukan tentang wilayah kekuasaan melainkan tentang kemanusiaan.*

Baca juga: Bulan Sabit Merah Palestina ungkapkan 76 truk bantuan masuk Gaza

Baca juga: BSI Maslahat salurkan bantuan senilai Rp1 miliar untuk Palestina


Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023