Kami sangat prihatin yang sangat mendalam atas bencana kemanusiaan di Palestina, sehingga kami menggalang donasi dari keluarga PSHT
Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Perguruan Silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Jember  menyerahkan dana kemanusiaan pada Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jember untuk disalurkan kepada warga Palestina yang berada di jalur Gaza.

PSHT Jember berhasil mengumpulkan donasi kemanusiaan untuk Palestina sebesar Rp400 juta yang diserahkan kepada PMI Jember dan disaksikan oleh Bupati Jember Hendy Siswanto di Pendapa Wahyawibawagraha Jember, Senin.

Baca juga: MUI Jabar: Fatwa tentang dukungan pada Palestina tidak terikat waktu

"Kami sangat prihatin yang sangat mendalam atas bencana kemanusiaan di Palestina, sehingga kami menggalang donasi dari keluarga PSHT yang akan disalurkan kepada warga Palestina di Gaza melalui PMI Jember," kata Ketua PSHT Jember Jono Wasinudin.

Menurutnya, bencana kemanusiaan yang dilakukan tentara Israel di Palestina mengetuk hati warga PSHT untuk membantu dengan cara menggalang dana baik dari keluarga PSHT sendiri maupun dari masyarakat Jember.

"Kami berharap bantuan tersebut dapat meringankan beban warga Palestina yang berada di jalur Gaza. Kami juga mengecam segala bentuk penjajahan terhadap warga Palestina," tuturnya.

Bupati Jember Hendy Siswanto menyampaikan terimakasih kepada PSHT Cabang Jember yang telah mendonasikan hartanya untuk saudara muslim di Palestina.

"Hari ini diserahkan bantuan kemanusiaan dari PSHT Jember yang sangat luar biasa untuk meringankan saudara kami di Palestina. Insyaallah, dengan sedekah sebagai ibadah tertinggi akan mencegah bencana kita semua," tuturnya.

Baca juga: Baznas Jambi terima Rp350 juta untuk bantuan kemanusiaan Palestina

Menurutnya bantuan kemanusiaan itu akan diserahkan kepada PMI Pusat di Jakarta yang akan disalurkan ke warga Palestina dan pihaknya mengapresiasi langkah PSHT yang merupakan wujud konkret dalam bersedekah.

"Hari ini pula mengetuk hati kami dan Pemkab Jember, saya berharap dilakukan penggalangan dana kemanusiaan untuk warga Palestina. Kami akan mencontoh apa yang dilakukan PSHT, memberikan teladan bersedekah untuk saudara kita di Palestina," katanya.

Selain PSHT, bantuan kemanusiaan untuk konflik Gaza di Palestina juga datang dari SMA Bustanul Ulum di Kecamatan Puger yang menyerahkan donasi sebesar Rp1.575.000 kepada Kepala Markas PMI Jember Letkol (Purn) Sumarno yang akan diteruskan ke PMI pusat.

Baca juga: Tank Israel blokade RS Al Shifa di Gaza, pasien terjebak di dalamnya

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023