Dengan adanya upaya seperti ini diharapkan kondisi hidup pengungsi Palestina di Rafah dapat sedikit demi sedikit membaik, meskipun tantangan-tantangan yang mereka hadapi masih sangat besar
Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI bekerja sama dengan lembaga lokal di Gaza, Althouri Woman Center (AWC), mendistribusikan air bersih bagi para pengungsi Palestina di tiga titik wilayah Rafah yakni Kamp Al Salam, Kamp Al Twahed, dan Haron Kamp Al Ashed.

"Alhamdulillah, bantuan dari para donatur melalui BAZNAS RI dapat diterima oleh masyarakat Palestina. BAZNAS RI telah menyalurkan air bersih bagi para pengungsi Palestina di tiga titik kamp pengungsian di Rafah," ujar Ketua BAZNAS RI Noor Achmad di Jakarta, Rabu.

Noor mengatakan keberadaan air bersih di kamp-kamp Rafah sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kebersihan masyarakat, terutama di bulan Ramadhan ini.

Dengan adanya pasokan air bersih yang memadai, kata dia, diharapkan masyarakat Palestina dapat terhindar dari risiko penyakit yang disebabkan oleh air yang terkontaminasi.

Baca juga: RI terbangkan bantuan untuk Palestina & Sudan dengan pesawat Garuda

Ia juga mengingatkan bahwa BAZNAS terus berupaya untuk memfasilitasi dan mendukung kepedulian masyarakat Indonesia untuk tetap bergotong royong membantu warga Palestina.

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh donatur dan masyarakat Indonesia yang telah menyalurkan bantuan bagi masyarakat Palestina melalui BAZNAS," katanya.

Noor berharap bantuan yang disalurkan dapat berdampak baik bagi masyarakat Palestina, terutama bagi anak-anak, wanita, dan lanjut usia (lansia).

Baca juga: Presiden Jokowi lepas bantuan kemanusiaan untuk Palestina dan Sudan

"Dengan adanya upaya seperti ini diharapkan kondisi hidup pengungsi Palestina di Rafah dapat sedikit demi sedikit membaik, meskipun tantangan-tantangan yang mereka hadapi masih sangat besar," katanya.

Sebelumnya, BAZNAS RI juga bekerja sama dengan AWC menyalurkan makanan bagi pengungsi Palestina di Rafah, Gaza Selatan, selama Ramadhan 1445 Hijriah.

Dalam realisasi program tersebut, BAZNAS RI menyalurkan bantuan makanan siap saji senilai 126.000 dolar AS (sekitar Rp2 miliar) bagi masyarakat Palestina.

Baca juga: Baznas distribusikan makanan siap saji di Palestina selama Ramadhan

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024