diterjang ombak besar hingga terbalik
Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Seorang anak buah kapal (ABK) Kapal Motor (KM) Dewa Laut ditemukan tewas setelah perahunya tersebut diterjang ombak besar di perairan Laut Bagal Batre, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Senin.

"Tewasnya nelayan bernama Usup (50) warga Bojonggaling, Kecamatan Warungkiara, Kabupaten Sukabumi akibat perahu yang ditumpanginya bocor pada Minggu, (12/11), kemudian terbalik setelah dihantam ombak besar di laut yang masuk wilayah Desa Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi," kata Kepala Satuan Polisi Air dan Udara Polres Sukabumi AKP Tenda Sukendar di Sukabumi, Senin.

Informasi yang dihimpun dari tim SAR gabungan, kecelakaan laut ini berawal saat korban bersama seorang nakhoda KM Dewa Laut Asep (60) warga Patuguran Kelurahan/Kecamatan Palabuhanratu dan seorang ABK lainnya Gendi (30) warga Desa Ujunggenteng tengah melaju beriringan dengan KM Sinar Laut yang juga mengalami kebocoran.

Di mana dua perahu itu hendak kembali ke pantai karena masalah kebocoran pada bagian lambung kapal. Saat itu kondisi laut sedang mengalami gelombang tinggi dan ombak besar.

Namun saat di tengah perjalanan sekitar pukul 22.00 WIB datang ombak besar yang menghempaskan dua perahu jenis congkreng tersebut sehingga Usup terjatuh ke laut dan tenggelam. Sementara Asep dan Gendi bertahan di atas kapal yang tengah terombang-ambing gelombang.

Baca juga: Diterjang ombak, dua kapal pengangkut BBM terdampar di Pantai Padang
Baca juga: Menhub ingatkan keselamatan pelayaran harus ditingkatkan


Tim SAR gabungan yang menerima informasi adanya kecelakaan laut langsung mengerahkan personelnya untuk mengevakuasi korban. Asep dan Gendi berhasil diselamatkan, namun Usup sempat dinyatakan hilang tenggelam dan jasadnya baru ditemukan mengapung tidak jauh dari lokasi kejadian sekitar pukul 01.00 WIB pada Senin, (13/11).

"Dua kapal motor ini berencana untuk pulang ke dermaga di Desa Ujunggenteng, namun di tengah perjalanan keduanya mengalami kebocoran ditambah diterjang ombak besar hingga terbalik," tambah Tenda.

Ia mengatakan jasad korban langsung dievakuasi tim SAR gabungan ke RSUD Ujungkulon sementara korban selamat sudah kembali ke rumahnya masing-masing. Tenda mengimbau kepada siapapun khususnya nelayan untuk tidak melaut dahulu saat kondisi cuaca ekstrem.

Selain itu, saat hendak melaut harus memastikan kondisi perahu, mesin dan ketersediaan alat keselamatan seperti pelampung atau jaket keselamatan. Saat ini kondisi cuaca di tengah laut tidak menentu dan bisa berubah dengan cepat.

Baca juga: Satu kapal nelayan Mukomuko karam diterjang ombak
Baca juga: Dua kapal diterjang ombak kembali ke Kupang
Baca juga: KM Marina putus kontak saat diterjang ombak


Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023