Jetstar melayani penerbangan langsung dari Perth, Australia, dan Chatay Pacifik dari Hong Kong ke Lombok,"
Mataram (ANTARA News) - Dua maskapai penerbangan asing, Jetstar dan Chatay Pacifik, akan menyinggahi Bandara Internasional Lombok (BIL), Nusa Tenggara Barat, pada Juli dan September 2013.

"Jetstar melayani penerbangan langsung dari Perth, Australia, dan Chatay Pacifik dari Hong Kong ke Lombok," kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Provinsi NTB Ridwan Syah di Mataram, Rabu.

Berbagai perizinan, kata dia, sudah dikantongi maskapai penerbangan Jetstar sehingga dikabarkan akan segera beroperasi pada Juli mendatang.

Sementara itu, Chatay Pacifik sedang dalam proses. Namun, diyakini segera rampung sehingga dapat beroperasi mulai September atau Oktober 2013.

"Ada juga satu maskapai penerbangan asing, yakni Tiger Airways yang juga akan melayani rute penerbangan ke Lombok. Namun, Tiger akan melengkapi rute penerbangan Silk Air untuk rute Singapura-Lombok yang sudah terlayani selama ini," ujarnya.

Pemerintah Provinsi NTB, lanjut Ridwan, akan meningkatkan koordinasi dengan manajemen ketiga maskapai penerbangan asing itu, terutama dua maskapai yang sudah hampir beroperasi ke Lombok, agar rencana pelayanan pada rute Bandara Internasional Lombok (BIL) dapat terealisasi sesuai dengan rencana.

Versi PT Angkasa Pura I BIL, jumlah penumpang yang berangkat menggunakan berbagai maskapai penerbangan dari BIL terus meningkat semenjak bandara internasional itu beroperasi 1 Oktober 2011. Saat ini rata-rata mencapai 2.500 orang setiap hari.

Jumlah tersebut diyakini akan semakin bertambah jika dua maskapai penerbangan asing itu sudah melayanai rute ke Lombok.

Jumlah maskapai penerbangan yang beroperasi di wilayah NTB juga bertambah, yakni selama 2009 mencapai delapan unit perusahaan, kemudian bertambah menjadi 13 unit perusahaan pada tahun 2010.

Frekuensi penerbangan domestik maupun internasional yang ditargetkan sebanyak 18 kali/hari pada tahun 2009, menurut dia, telah terealisasi menjadi 23 kali/hari pada tahun 2010 dan meningkat menjadi 26 kali/hari pada tahun 2011, dan kini sudah 27 kali/hari.

BIL melayani penerbangan domestik seperti Garuda Indonesia, Merpati, Lion Air, Wings Air, Adam Air, Trigana Air, dan rute internasional dilayani oleh Silk Air dan Air Asia.
(A058/D007)

Pewarta: Anwar Maga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013