DAK pariwisata yang akan dikucurkan ke Pesisir Selatan pada 2024 sebesar Rp4,2 miliar. Dari jumlah itu Rp3,1 miliar untuk fisik dan Rp1,1 miliar non-fisik
Painan (ANTARA) -
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI memberikan bantuan sebesar Rp3,1 miliar untuk pembangunan sarana pariwisata di Air Terjun Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.
 
Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pesisir Selatan Suhendri Zainal di Painan Selasa mengatakan, bantuan itu bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tahun 2024.
 
"DAK pariwisata yang akan dikucurkan ke Pesisir Selatan pada 2024 sebesar Rp4,2 miliar. Dari jumlah itu Rp3,1 miliar untuk fisik dan Rp1,1 miliar non-fisik," katanya.
 
Ia menjelaskan, alokasi dana Rp3,1 miliar itu bakal digunakan untuk mengakomodasi kegiatan pembangunan Plaza Timbulun yang belum terlaksana tahun ini karena keterbatasan anggaran dan pengetatan Dana Alokasi Umum (DAU).
 
Kegiatan tersebut antara lain membangun Tourist Information Centre (TIC) atau ruang pusat informasi bagi pengunjung. Kemudian area bagi pedestrian atau areal untuk pejalan kaki dan fasilitas penunjang kebersihan.

Dengan demikian hingga penghujung 2024 Plaza Timbulun ditargetkan rampung 60 persen, sesuai target yang telah ditetapkan. Sedangkan sisanya yang 40 persen bakal dilanjutkan melalui DAU 2024.
 
Kendati demikian, menurutnya, Pemkab Pesisir Selatan akan mengupayakan pembiayaan lanjutan pembangunannya dari sumber lain, seperti misalnya dana dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).
 
"Kalau itu kita dapatkan, Plaza Tumbulun bisa rampung akhir 2024, namun jika tidak, akan selesai di 2025 sesuai target. Jadi, target anggarannya Rp9,8 miliar," katanya.
 
Suhendri Zainal juga menjelaskan, Plaza Timbulun adalah ikon baru bagi destinasi wisata Kabupaten Pesisir Selatan, dibangun di atas lahan seluas empat hektare, Plaza Timbulun hadir dengan nuansa baru.
 
Letaknya yang berada di kawasan perbukitan, Plaza Tumbulun menjanjikan kesejukan alam Pesisir Selatan yang turut didukung aliran sungai Batang Painan, dengan air terjun hingga lima tingkat.
 
Plaza Timbulun diyakini bakal menambah daya tarik daerah, makin banyak wisatawan yang berkunjung sehingga bisa meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dan kesejahteraan masyarakat.
 
Pembangunan Plaza Timbulun Painan dimulai pada pertengahan Agustus 2023, ditandai dengan peletakan batu pertama yang dilakukan langsung Bupati Rusma Yul Anwar, namun belum bisa diselesaikan. 

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2023