IKN menunjukkan langkah strategis dan mencerminkan komitmen Indonesia terhadap pembangunan kota berkelanjutan serta ketahanan dalam menghadapi perubahan iklim.
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan bahwa pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara menunjukkan langkah strategis Indonesia bagi pembangunan kota berkelanjutan.

"IKN menunjukkan langkah strategis dan mencerminkan komitmen Indonesia terhadap pembangunan kota berkelanjutan serta ketahanan dalam menghadapi perubahan iklim," ujar Basuki di Jakarta, Selasa.

Indonesia tengah membangun IKN Nusantara yang berlokasi di Pulau Kalimantan.

Baca juga: Menteri PUPR: Material dan desain ramah lingkungan diterapkan di IKN

IKN dibangun untuk menjadi kota yang transformatif menuju kemajuan peradaban Indonesia dengan mengusung konsep "Future Smart Forest City".

Konsep tersebut bertujuan untuk menunjukkan identitas nasional, menjamin keberlanjutan sosial, ekonomi dan lingkungan, serta mewujudkan kota modern yang pintar dan berstandar internasional.

"Kementerian PUPR berperan signifikan dalam memastikan ketersediaan infrastruktur dasar seperti akses jalan, suplai air, dan kantor-kantor pemerintah," kata Basuki.

Dia mengatakan, dengan target besar tersebut yang harus dicapai pada akhir 2024, inovasi dalam business process merupakan keharusan bagi Kementerian PUPR, khususnya melalui penerapan teknologi informasi di era Industri 4.0.

Baca juga: Menteri PUPR: Interior Kantor Presiden di IKN gunakan produk domestik

Kementerian PUPR memiliki Geodatabase, yang meliputi secara keseluruhan siklus proyek pembangunan infrastruktur pekerjaan umum dan perumahan berdasarkan rencana tata ruang, mulai dari tahap perencanaan, desain, pembebasan lahan, konstruksi, operasional, dan pemeliharaan serta monitoring dan evaluasi.

"Geodatabase menjadi salah satu instrumen pengambil kebijakan bagi Kementerian PUPR, terutama untuk proyek-proyek strategis seperti pembangunan IKN Nusantara," ujar Basuki.

Teknologi Building Information Model (BIM) lanjutnya, mengintegrasikan tahapan proses seluruh sektor yang tercakup dalam pembangunan IKN Nusantara.

Baca juga: Kementerian PUPR: Progres rumah tapak menteri di IKN capai 39 persen

Nusantara adalah Ibu Kota Negara Indonesia di masa depan, yang ditetapkan dan diatur oleh Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022. Terletak di pesisir timur Pulau Kalimantan. Luas wilayah Nusantara hampir empat kali Jakarta, yaitu kurang lebih 256.142 hektare dan wilayah laut seluas 68.189 hektare.

IKN Nusantara mengubah orientasi pembangunan menjadi Indonesia sentris, dan berfungsi untuk mempercepat transformasi ekonomi negara.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023