Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Indonesia saat kunjungan ke Amerika Serikat, selain membahas kerja sama di bidang ekonomi, juga membawa pesan perdamaian terkait Palestina.

"Selain membahas kerja sama di bidang transisi energi antara Indonesia dengan AS, kunjungan bilateral ini juga membawa pesan perdamaian," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Ad Interim Erick Thohir di Washington DC, Amerika Serikat, dalam pernyataan pers diterima di Jakarta pada Selasa malam.

Menurut Erick, situasi di Palestina menjadi perhatian khusus bagi Indonesia saat bertemu Presiden AS Joe Biden maupun delegasi AS.

Dia mengatakan Indonesia mendorong peran AS untuk berkontribusi dalam menyudahi kondisi memprihatinkan yang terjadi di Gaza, Palestina.

"Indonesia meminta kepada delegasi Amerika Serikat untuk dapat menghentikan konflik yang terjadi di Gaza," kata Menteri BUMN tersebut.

Erick menjelaskan diplomasi kerja sama dan hubungan baik dapat menjadi pendorong bagi AS untuk mendengarkan aspirasi dari banyak negara.

Indonesia, katanya menambahkan, menjadi salah satu negara yang berkomitmen untuk mendorong terciptanya perdamaian dunia.

"Saya berharap kedua negara dapat segera berkontribusi secara maksimal dalam menciptakan perdamaian global," jelas dia.

Erick mendampingi Presiden Joko Widodo yang berkunjung ke AS untuk menghadiri pertemuan tingkat tinggi negara-negara Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) di San Francisco, mulai 15 sampai 17 November.

Baca juga: Jokowi minta Biden hentikan perang di Gaza

Baca juga: Presiden Jokowi ajak AS berkontribusi wujudkan perdamaian global

 

Di hadapan Joe Biden dan media AS, Jokowi kembali singgung soal Gaza

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2023