JAKARTA (ANTARA) - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengatakan banyak pasien gangguan jiwa terlambat mendapatkan penanganan dan pengobatan karena penyangkalan dari anggota keluarga.

"Masih adanya penolakan masyarakat kalau ada anggota keluarga yang mengalami gangguan jiwa atau penyangkalan sehingga pasien terlambat mendapatkan pengobatan," kata Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Kemenkes Siti Nadia Tarmizi di Jakarta, Selasa.

Dia mengatakan banyak juga pasien yang pada awalnya mengalami gangguan mental emosional, stres, dan ansietas hingga gangguan jiwa berat, seperti skizofrenia yang pada awalnya tidak terdeteksi secara dini sehingga terlambat mendapatkan pengobatan.

"Awalnya penanganan stres, ansietas yang tidak tertangani dengan baik atau tidak terdeteksi secara dini, tidak paham terkait gangguan jiwa mana yang sudah harus mendapatkan pertolongan mana yang sudah harus diobati," ujarnya.

Saat ini, Kemenkes juga tegah meningkatkan layanan puskesmas dengan mengikuti siklus usia kehidupan bukan berdasarkan keluhan.

Baca juga: Dialog antargenerasi tekan gangguan kesehatan jiwa anak muda

Dia mencontohkan remaja dengan usia produktif saat ini bisa melakukan tes kesehatan jiwa atau konseling.

Selain itu, Kemenkes menjalankan kegiatan ke sekolah menegah pertama (SMP) dan sekolah menegah atas (SMA) untuk melakukan penjaringan deteksi kesehatan jiwa.

Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, satu di antara delapan orang mengalami gangguan jiwa.

Dia mengatakan target pada 2023 terdapat 31 juta masyarakat yang dapat di-skrining kesehatan jiwa, tercatat hingga saat ini 6,8 juta orang yang di-skrining dan 406.314 orang dinyatakan mengalami gangguan jiwa.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebutkan satu di antara 10 orang Indonesia mengalami gangguan kesehatan jiwa.

Dia mengatakan gangguan kesehatan jiwa saat ini menjadi sorotan dunia. Jika dibandingkan, satu di antara delapan orang dunia atau sekitar 910 juta orang di dunia mengalami gangguan kesehatan jiwa.

Dia mengategorikan gangguan kesehatan jiwa menjadi tiga jenis, yakni anxiety yang ditandai dengan perasaan resah dan tidak tenang, depresi, dan pada tahap akhir menjadi skizofrenia.

Baca juga: Hari Kesehatan Jiwa Sedunia, Menkes tantang nakes pelajari ilmu hormon
Baca juga: Penurunan partisipasi picu gangguan jiwa pada lansia
Baca juga: Menkes: 1 dari 10 orang Indonesia alami gangguan kesehatan jiwa

Pewarta: Erlangga Bregas Prakoso
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023