Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga mengajak seluruh wisudawan Universitas Ngurah Rai untuk terlibat aktif dan berkontribusi dalam pembangunan bangsa, terutama dalam memajukan SDM, melalui berbagai ilmu dan gelar yang telah dicapai.

"Saya yakin, segala ilmu yang diperoleh dari kerja keras para wisudawan merupakan bekal awal untuk terus menjadi sosok yang berkembang, unggul, berdaya saing, dan mampu memimpin bangsa suatu hari nanti," kata Bintang Puspayoga dalam keterangan di Jakarta, Selasa.

Hal itu dikatakan Menteri Bintang saat menghadiri Wisuda Pascasarjana XV dan Sarjana XLII Universitas Ngurah Rai.

Baca juga: Menteri PPPA Dukung Komitmen PNM Berdayakan Perempuan

Bintang Puspayoga mengatakan SDM merupakan sumber daya yang paling berharga bagi suatu negara untuk mencapai kemajuan dan pembangunan berkelanjutan.

"Keberhasilan para wisudawan hari ini usai menempuh berbagai rintangan, kerja keras, ketekunan, dan dedikasi dalam mengejar ilmu pengetahuan merupakan bukti nyata kualitas SDM Indonesia yang kian kompeten," katanya.

Bintang Puspayoga mengemukakan prosesi wisuda mahasiswa tak hanya menjadi salah satu tonggak bersejarah dalam kehidupan pribadi para wisudawan, tetapi juga momentum penting bagi bangsa Indonesia dalam mewujudkan cita-cita luhur bangsa Indonesia.

Oleh karena itu, pihaknya mengajak para wisudawan untuk terlibat aktif dalam pembangunan sosial dan turut berkontribusi dalam menjawab berbagai tantangan dengan mengimplementasikan ilmu pengetahuan yang telah dicapai secara inovatif, solutif, kreatif, dan adaptif, serta terus mengamalkan ajaran Tri Hita Karana.

Baca juga: Menteri PPPA serukan perempuan berani bersuara demi melawan KDRT

Baca juga: Menteri PPPA: Pentingnya lindungi anak dari dampak negatif teknologi


"Tri Hita Karana mengajarkan kepada setiap umat manusia bahwa mutlak hukumnya untuk menjaga hubungan yang harmonis dan toleransi dengan sesama manusia, dengan Sang Pencipta dan dengan alam," katanya.

Pihaknya berharap momentum wisuda dapat menjadi suatu awal yang baik untuk selalu mengingatkan pentingnya mengedepankan harmonisasi, toleransi, dan inklusivitas dalam pembangunan bangsa.

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023