Beijing (ANTARA) - Kapasitas terpasang pembangkit listrik fotovoltaik (PV) terdistribusi yang dihasilkan oleh rumah tangga di China mencapai sekitar 105 juta kilowatt (kW) per akhir September. Angka ini mencakup lebih dari lima juta rumah tangga di daerah pedesaan di negara tersebut, menurut data dari Administrasi Energi Nasional (National Energy Administration/NEA) China pada Selasa (14/11).

Dalam beberapa tahun terakhir, kapasitas pembangkit listrik PV terdistribusi yang dihasilkan oleh rumah tangga di China telah berkembang pesat, kata NEA, seraya menambahkan bahwa hal ini telah memainkan peranan penting dalam menjamin pasokan listrik yang aman dan andal, memajukan transformasi hijau energi, serta mendorong pertumbuhan pendapatan petani.

Dalam tiga kuartal pertama 2023, kapasitas terpasang baru untuk pembangkit listrik PV rumah tangga mencapai 32,98 juta kilowatt, terhitung sekitar setengah dari kapasitas terpasang baru untuk pembangkit listrik PV terdistribusi.

Angka tersebut juga mewakili lebih dari seperempat dari total kapasitas terpasang pembangkit listrik PV di China dalam sembilan bulan pertama tahun ini, menurut NEA.

Mengutip proyeksi dari sejumlah departemen terkait, NEA menjelaskan bahwa potensi pengembangan pembangkit listrik PV terdistribusi yang dihasilkan oleh rumah tangga di wilayah pedesaan China terbilang sangat besar, mengingat hampir 27,3 miliar meter persegi dari total area atap yang meliputi 80 juta lebih rumah tangga pedesaan dapat dipasangi peralatan pembangkit listrik PV. 

Pewarta: Xinhua
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023