Jakarta (ANTARA) - Timnas Indonesia senior telah siap bertempur melawan Irak pada laga perdana kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua di Stadion Internasional Basra, Irak, besok Kamis (16/11) pukul 21.45 WIB.

Tim Garuda siap berlaga di hadapan puluhan ribu penonton di Stadion Internasional Basra Kamis nanti karena pada Selasa (14/11) waktu setempat semua pemain yang dipanggil pelatih Shin Tae-yong telah lengkap, minus dua pemain yang absen, Yakob Sayuri (menikah) dan Andy Setyo (cedera).

Setelah pada Senin (13/11) kedatangan lima pemain, Elkan Baggott, Sandy Walsh, Nadeo Argawinata, Pratama Arhan, dan Adam Alis, pada Selasa pagi timnas Indonesia kedatangan tiga pemain tambahan yang membuat 25 skuad yang untuk laga melawan Irak lengkap.

Ketiga nama pemain yang datang adalah Asnawi Mangkualam Bahar, Shayne Pattynama dan Rafael Struick dimana ketiganya setelah tiba Selasa pagi langsung mengikuti sesi latihan sore bersama penggawa lainnya meski hanya berlatih pemulihan fisik.

Baca juga: Timnas Indonesia jalani latihan fisik pada hari kedua di Irak

Salah satu penggawa kloter terakhir yang datang, Asnawi mengatakan perjalanannya menuju Irak memakan waktu yang sangat lama yaitu 26 jam.

“Alhamdulillah saya sudah tiba di tujuan dengan selamat. Perjalanan sangat jauh, Total waktu yang saya tempuh kurang lebih 26 jam,” cerita pemain Jeonnam Dragons itu melalui laman resmi PSSI, Rabu.

“Tadi hanya latihan pemulihan fisik, memang satu hari sebelumnya saya ada pertandingan, langsung berangkat ke Turki untuk transit, kurang lebih 11 jam. Lalu langsung berangkat ke Basra,” sambungnya.

Asnawi yang tiba sebagai kloter terakhir karena memperkuat timnya Jeonnam Dragons terlebih dahulu ketika menumbangkan Busan IPark dengan skor 3-0 dalam lanjutan K League 2 Minggu (12/11) lalu, mengatakan tidak ada kendala baginya meskipun menjadi pemain terakhir yang bergabung di Irak karena kondisinya dalam keadaan baik.

“Ya memang teman-teman lain sudah datang sebelum saya, tetapi karena saya masih ada pertandingan, di hari Minggu kemarin, jadi tidak bisa langsung bergabung, tetapi kondisi saya saat ini Alhamdulillah baik, mungkin sedikit letih saja, karena menempuh perjalanan yang sangat jauh, tetapi saya tetap optimis bisa bermain di tanggal 16 nanti,” tegas pesepak bola 24 tahun itu.

Lebih lanjut, Asnawi tidak gentar dengan kekuatan Irak yang merupakan tim peringkat 68 dunia. Ia percaya, strategi sang pelatih nantinya berjalan sesuai rencana untuk membawa pulang tiga poin dari Irak.

“Kalau yang kita tahu, memang kualitas Irak di atas kita, tetapi kita tidak memikirkan itu, kita akan bermain saja sesuai dengan apa yang sudah pelatih inginkan dan kita menargetkan kemenangan di pertandingan nanti,” tutupnya.

Skuad Garuda pada hari ini pukul 16.45 waktu setempat dijadwalkan akan menjalani latihan resmi di Stadion Internasional Basra sebelum kemudian pada keesokan harinya akan melawan Irak di tempat yang sama.

Baca juga: Elkan Baggot lahap menu latihan hari kedua di Irak
Baca juga: Egy: Kami datang ke Irak untuk menang


Berikut daftar 25 pemain timnas Indonesia di kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Irak:
1. Nadeo Arga Winata - Borneo FC
2. Muhamad Riyandi - Persis Solo
3. Ernando Ari - Persebaya Surabaya
4. M. Edo Febriansah - Persib Bandung
5. Wahyu Prasetyo - PSIS Semarang
6. Rizky Ridho - Persija Jakarta
7. Jordi Amat - Johor Darul Tazim FC
8. Elkan Baggott - Ipswich Town
9. Sandy Walsh - KV Mechelen
10. Shayne Pattynama - Viking FK
11. Asnawi Mangkualam - Jeonnam Dragons
12. Pratama Arhan - Tokyo Verdy
13. Saddil Ramdani - Sabah FC
14. Marc Klok - Persib Bandung
15. Rachmat Irianto - Persib Bandung
16. Ricky Kambuaya - Dewa United
17. Witan Sulaeman - Persija Jakarta
18. Egy Maulana - Dewa United
19. Adam Alis - Borneo FC
20. Arkhan Fikri - Arema FC
21. Hokky Caraka - PSS Sleman
22. Ramadhan Sananta - Persis Solo
23. Dendy Sulistyawan - Bhayangkara Presisi FC
24. Dimas Drajad - Persikabo
25. Rafael Struick - ADO Den Haag.

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023