Padang (ANTARA) - Kepolisian Daerah Sumatra Barat (Sumbar) menggelar bakti sosial penanaman 2.690 pohon di Kompleks Perumahan Polri Bunga Tanjung, Koto Tangah, Padang.

"Penanaman pohon ini dilakukan sebagai bentuk komitmen Polri dalam rangka melestarikan negeri dengan penghijauan sejak dini," kata Kepala Bidang Humas Polda Sumbar Kombes Pol Dwi Sulistyawan usai kegiatan di Padang, Rabu.

Ia mengatakan penanaman pohon itu dihadiri Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono, pejabat utama Polda Sumbar, Forkopimda, dan Kapolresta Padang.

Baca juga: Polda Sultra & insan pers tanam 1.000 mangrove di Teluk Kendari

Baca juga: Polda Kalsel tanam 1.000 bibit pohon dukung program penghijauan


"Penghijauan akan terus digalakkan sebagai upaya mengatasi polusi serta pencemaran udara yang terjadi di masa sekarang, perlu dilakukan aksi nyata," ujarnya.

Menurutnya, 2.690 batang pohon yang ditanam terdiri atas berbagai jenis mulai dari durian, jengkol, petai, lengkeng, matoa, dan lainnya.

"Pohon yang ditanam adalah pohon yang menghasilkan buah, sehingga selain melakukan penghijauan juga memberikan manfaat kepada masyarakat," katanya.

Ia menjelaskan setelah melakukan penanaman bibit pihaknya akan memantau pertumbuhan dari pohon yang ditanam.

Dwi mengatakan penanaman pohon tersebut merupakan kegiatan berskala nasional yang ikut dilaksanakan oleh Polda Sumbar di daerah.

Baca juga: Polda Sulsel tanam 20.000 pohon untuk penghijuan

"Untuk Sumbar, ini adalah kegiatan ketiga. Sebelumnya telah digelar kegiatan serupa yang terpusat di Arosuka dan Padang," katanya.

Ia mengatakan kegiatan penanaman pohon masih akan terus dilakukan pihaknya sesuai tujuan Polri, yaitu untuk melestarikan negeri dengan penghijauan sejak dini.

Pada bagian lain, kegiatan penanaman pohon di Padang itu dipimpin oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dari Madiun, Jawa Timur melalui virtual zoom.

Pewarta: Rahmatul Laila
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023