Jakarta (ANTARA) -
Kedai makanan Heirloom Greek Yogurt ingin mengubah kebiasaan konsumsi yogurt, khususnya greek yogurt yang dikenal sebagai menu diet sehat, menjadi sesuatu yang mudah dimakan kapan saja layaknya es krim.
 
"Waktu saya bawa Heirloom Greek Yogurt memang bukan sebagai makanan diet atau pengganti makanan, tapi, sesuatu yang seharusnya dinikmati saja seperti es krim. Jadi kalau makan buat pagi hari lagi perut kosong itu aman," ucap pemilik Heirloom Greek Yogurt Gaby Dharmaji, dalam acara Media Luncheon 8 tahun Ninja Xpress di Jakarta, Rabu.
 
Sejak memulai usaha tahun 2017, Gaby merasa pasar dan penjualan es krim sudah sangat banyak di Jakarta sehingga dia terpikir untuk menjual sesuatu yang berbeda yaitu greek yogurt walaupun peminatnya masih sangat sedikit. Pembuatannya yang dinilai sulit, membuat penjualan greek yogurt masih kurang diminati karena hasil penyaringannya sedikit dan harga jualnya lebih mahal.

Baca juga: Ragam manfaat yang bisa didapatkan dari yogurt menurut ahli gizi
 
"Greek yogurt untuk pembuatannya mahal karena kita harus mengeluarkan air whey yaitu komponen gula dari susu, itu bisa hilang sampai 60 persen jadi cuma dapat 40 persen greek yogurt-nya. Makanya sekarang kalau di tempat-tempat lain nggak mau mengerjakan karena mahal dan prosesnya susah," kata Gaby.
 
Perbedaan greek yogurt dari yogurt biasa adalah memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dan tekstur yang lebih padat daripada yogurt biasa, yang lebih banyak kandungan gulanya dan lebih cair. Selain itu, greek yogurt juga memiliki kandungan prebiotik yang lebih tinggi dan aman dikonsumsi bagi seseorang yang memiliki intoleran dengan laktosa susu.
 
"Kalau yogurt biasa punya laktosa yang sangat tinggi itu yang biasanya mengakibatkan reaksi di tubuh biasanya diare, greek yogurt jauh lebih aman untuk orang-orang yang lactose intolerant (intoleransi laktosa)," ucap Gaby.
 
Setiap 100 gram Greek yoghurt bisa mengandung protein sampai 15 gram. Ukuran itu cukup untuk orang yang sedang menjalani program diet atau pola makan sehat karena kandungan proteinnya yang tinggi.

Baca juga: Empat khasiat yogurt untuk tubuh saat berpuasa
 
Variasi menu Heirloom Greek yogurt
 
Di kedai tersebut, greek yogurt disajikan dengan berbagai variasi yaitu kemasan parfait dan stoples  dengan taburan buah-buahan segar. Gaby juga selalu membuat greek yogurt dalam keadaan baru dan segar dengan proses pembuatan sampai 36 jam.

Greek yogurt yang sudah jadi bisa bertahan di lemari pendingin selama 4-5 hari.
 
Variasi menu yogurt yang dihadirkan juga beragam dan tidak biasa, misalnya campuran pisang kopi dan pai apel, aroma sakura hingga kacang edamame.
 
Selain yogurt sebagai makanan penutup, Heirloom Greek Yogurt juga mengimplementasikan yogurt pada setiap menu makanan yang cenderung asin seperti untuk dipping sauce (saus cocol).
 
Hidangan di Heirloom Greek Yogurt berkisar pada Rp45.000 untuk parfait ukuran 200 gram dan kemasan stoples mulai dari Rp85.000 untuk ukuran 500 gram. Saat ini Heirloom Greek Yogurt telah membuka toko offline pertamanya di Chillax Sudirman, Jakarta.

Menu favorit di Heirloom Greek Yogurt antara lain ialah Strawberry Lychee Sakura, Brownie Almond Butter, Ube Pandan, Mix Berries dan Strawberry Milk Earl Grey.

Baca juga: Sour Sally Group jajaki perluasan pasar dengan metaverse

Baca juga: Ketahui manfaat yoghurt nabati dari almond

Baca juga: Guru besar: yoghurt sinbiotik memiliki manfaat kesehatan yang setara

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023