Jakarta, Indonesia (ANTARA/PRNewswire)- Sebagai bukti nyata atas kemitraan abadi mereka, Bank OCBC NISP dan ADA menandai empat tahun kolaborasi berkelanjutan, yang ditandai dengan pencapaian transformatif dan janji masa depan yang lebih sejahtera.

Perjalanan Transformasi Empat Tahun

Selama kurun waktu empat tahun, Bank OCBC NISP dan ADA telah bertransisi dari mitra visioner menjadi kekuatan yang tak terhentikan dalam akuisisi pengguna. Perjalanan luar biasa ini didorong oleh strategi digital yang kuat dari ADA dan inovasi produk yang tiada henti dari Bank OCBC NISP. Bersama-sama, mereka tidak hanya beradaptasi terhadap perubahan; mereka telah membentuknya, mendefinisikan ulang pengalaman perbankan di seluruh titik kontak digital utama dalam perjalanan pengguna dalam lanskap digital yang terus berkembang.

Salah satu ciri khas kemitraan ini adalah proyek luar biasa yang telah mereka lakukan. Kampanye NYALA #SAVE20 yang didukung oleh Director Mix tidak hanya berhasil meraih dua penghargaan bergengsi dari Youtube Works, namun juga meraih penghargaan perunggu Excellence in Communication pada Marketing Excellence Awards tahun 2022.

Kisah sukses: Hasil Luar Biasa sudah membuktikannya

Segmentasi audiens yang strategis, kampanye berbasis hasil, dan perjalanan pengguna yang lancar merupakan inti kesuksesan mereka. Strategi inovatif ADA telah membedakan Bank OCBC NISP, mendorong diferensiasi pasar, pengambilan keputusan berdasarkan data, dan inovasi yang berpusat pada pelanggan.

Hasilnya berbicara banyak. Dengan memfokuskan investasi pada saluran yang berkinerja terbaik dan memaksimalkan kampanye berbasis hasil, kemitraan ini mencapai pengurangan Biaya Per Akuisisi (CPA) sebesar 67% dibandingkan dengan Semester 1 tahun 2022. Selain itu, strategi pemasaran saluran penuh konsolidasi mereka menghasilkan peningkatan yang mengejutkan sebesar 72% dalam volume New-to-Bank (NTB). Kampanye kesadaran pertama pada tahun 2023 juga menyaksikan peningkatan sebesar 7% dalam Kesadaran Merek, peningkatan sebesar 7% dalam Penggunaan Selalu, dan peningkatan sebesar 6% dalam Pertimbangan untuk Membeli, berdasarkan BLS dari Pulse.

Memelihara Visi Bersama untuk Masa Depan

Saat merayakan empat tahun kesuksesan, Bank OCBC NISP dan ADA tidak tergoyahkan dalam komitmen mereka terhadap visi jangka panjang bersama. Visi ini kini mencakup perspektif baru mengenai inovasi, peningkatan keterlibatan pelanggan, dan praktik berkelanjutan. Hal ini menandakan kemampuan mereka untuk tetap dinamis dan berwawasan ke depan dalam industri yang berkembang pesat.

EVP Marketing and Lifestyle Business Division Head Bank OCBC NISP Amir Widjaya menyatakan, "Kampanye #NYALACard merupakan contoh utama keberhasilan yang gemilang. Inisiatif ini memainkan peran yang sangat diperlukan dalam upaya kami mengakomodasi tuntutan generasi milenial dan Gen Z, baik dalam transaksi lokal sehari-hari atau selama petualangan keliling dunia. Kolaborasi kami dengan tim ADA, yang tidak hanya terdiri dari para ahli yang berkemampuan namun juga berdedikasi tinggi, menciptakan lingkungan harmonis yang mendorong kami teguh mencapai tujuan kami."

Ketika Bank OCBC NISP dan ADA memulai perjalanan ke depan, mereka melakukannya dengan inovasi, ketahanan, dan visi bersama yang berjanji untuk membentuk kembali lanskap perbankan, meningkatkan pengalaman nasabah, dan meninggalkan jejak yang tak terhapuskan dalam industri. Kemitraan ini siap untuk berkembang, menginspirasi, dan sukses di tahun-tahun mendatang.

Tentang ADA 

ADA menawarkan serangkaian layanan komprehensif yang memberdayakan perusahaan dan merek untuk mendukung pemasaran digital, transformasi penjualan, dan transformasi data di seluruh Asia. Perusahaan ini memiliki pendekatan multi-sisi dan berbasis data yang meliputi: 

  • Layanan Transformasi Data: Dengan memanfaatkan keahlian dari analisis data, rekayasa data, dan layanan Platform Data Pelanggan (CDP), ADA membantu merek membuat keputusan berdasarkan data, mengoptimalkan infrastruktur data , dan mengelola data pelanggan secara efektif untuk upaya pemasaran yang dipersonalisasi dan efisien.
  • Solusi Pemasaran: Hal ini mencakup pemasaran kinerja, yang memungkinkan klien menargetkan konsumen secara efisien di platform seperti media sosial, iklan asli, iklan bergambar, dan pemasaran pencarian. Selain itu, ADA menawarkan solusi kreatif yang disesuaikan untuk meningkatkan keterlibatan pengguna dan tingkat konversi. Segmen ini juga melibatkan transformasi teknologi pemasaran, yang mencakup konsultasi mengenai penerapan layanan terkelola. Layanan ini membekali merek untuk memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa menggunakan platform teknologi canggih.
  • Solusi E-commerce: ADA membantu merek dengan manajemen toko yang komprehensif, memastikan kelancaran operasional di berbagai platform seperti pasar, saluran sosial, saluran pesan pihak ketiga, dan situs web kepemilikan.
  • Solusi Keterlibatan Pelanggan: Perusahaan memanfaatkan solusi ini untuk meningkatkan dukungan pelanggan. Ini memfasilitasi komunikasi real-time dengan konsumen melalui saluran seperti SMS, WhatsApp, dan aplikasi perpesanan populer lainnya.
ADA mempertahankan kehadirannya yang kuat di Asia dengan 12 kantor yang tersebar di seluruh wilayah dan mempekerjakan sekitar 1,400 profesional. Kantor pusat ganda perusahaan berada di Singapura dan Malaysia. Khususnya, pemegang saham ADA termasuk raksasa industri seperti Softbank, Axiata, Mitsui, dan Sumitomo Corporation..

Tentang Bank OCBC

Bank OCBC NISP didirikan di Bandung pada tahun 1941 dengan nama Nederlandsch Indische Spaar en Deposito Bank. Bank mempunyai rekam jejak yang terbukti ketangguhannya. Berdiri lebih dari 82 tahun, bank OCBC NISP merupakan salah satu dari 10 bank terbesar di Indonesia, dan Bank OCBC NISP merupakan salah satu bank dengan peringkat kredit tertinggi di Indonesia yaitu AAA(idn)/stabil dari PT Fitch Ratings Indonesia. Selain itu, Bank OCBC NISP merupakan bank pertama di Indonesia yang menerima pembiayaan berbasis lingkungan dan gender dari International Finance Corporation (IFC). Bank OCBC NISP terus melanjutkan kinerja solid dan memiliki visi untuk mewujudkan aspirasi nasabah dengan memberikan solusi layanan keuangan yang komprehensif.

Hal ini tercermin dari aset Bank yang mencapai Rp245 triliun, meningkat 10% YoY pada Semester I-2023. Per 30 Juni 2023, Bank OCBC NISP melayani nasabah melalui 199 jaringan kantor di 54 kota di Indonesia. Selain itu, nasabah dapat melakukan transaksi melalui 491 ATM Bank, lebih dari 90.000 jaringan ATM di Indonesia, dan terhubung dengan lebih dari 600 jaringan ATM OCBC Group di Singapura dan Malaysia. Bank OCBC NISP juga melayani nasabah melalui berbagai saluran digital, termasuk mobile banking dan internet banking – baik untuk perorangan maupun korporasi. Bank senantiasa menerapkan strategi bisnis yang konsisten dan berkelanjutan, disertai optimalisasi digital.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023