Pentingnya kemajuan ilmu pengetahuan dan globalisasi dalam pengembangan dunia pendidikan
Tarakan (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang menekankan pentingnya terus meningkatkan kualitas pendidikan di daerah tersebut.

"Pentingnya kemajuan ilmu pengetahuan dan globalisasi dalam pengembangan dunia pendidikan," kata Zainal di Tarakan, Rabu.

Hal itu harus disesuaikan dengan perkembangan zaman yang menuntut kinerja sumber daya pendidikan, seperti kepala sekolah dan pengawas sekolah.

Baca juga: Pemprov sampaikan hasil kajian penggabungan Kabupaten Berau ke Kaltara

"Guna menyelaraskan diri dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat, kinerja sumber daya pendidikan harus ditingkatkan, Pendidikan sangat menentukan kualitas generasi muda dan masa depan bangsa," kata Gubernur.

Zainal berharap kepala sekolah dan pengawas sekolah untuk memberikan yang terbaik dalam upaya meningkatkan mutu, relevansi dan efisiensi penyelenggaraan pendidikan di lingkungan sekolah.

Selain itu, Gubernur mengakui bahwa pendidikan menjadi solusi untuk memutus rantai kemiskinan antargenerasi.

"Pemerintah Provinsi Kaltara memiliki komitmen tinggi dalam mewujudkan visi Kalimantan Utara yang maju, berubah, dan sejahtera," katanya.

Salah satunya melalui pembangunan sumber daya manusia yang sehat, cerdas, kreatif, inovatif, berakhlak mulia, produktif dan berdaya saing dengan berbasis pendidikan wajib 16 tahun dan berwawasan kebangsaan.

Baca juga: Kaltara enam besar pada swayamwara tripitaka gatha nasional

Karena itu, Gubernur mendorong kepala sekolah dan pengawas sekolah untuk terus meningkatkan kemampuan profesional.

Guna mencapai penyelenggaraan pendidikan yang bermutu, meningkatkan kualitas, dan daya saing menuju sumber daya manusia yang unggul.

"Dengan fokus pada pemenuhan standar nasional dalam pendidikan, kita berharap mencerdaskan kehidupan bangsa demi terwujudnya masyarakat Kalimantan Utara yang sejahtera dan berkeadilan," kata Zainal.

Dia berharap agar kinerja para kepala sekolah dan pengawas sekolah di masa mendatang dapat lebih baik dengan memaksimalkan pelaksanaan tugas di lapangan.

Serta fokus pada pembuatan laporan dan rekomendasi perbaikan dalam rangka mendukung program Merdeka Belajar.

Baca juga: Gubernur Kaltara: Menanam pohon tanggung jawab bersama

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023