terima kasih kami ucapkan kepada delegasi Kaltara karena mengharumkan nama daerah
Tarakan (ANTARA) - Delegasi Kalimantan Utara meraih beberapa prestasi membanggakan pada Swayamwara Tripitaka Gatha (STG) Nasional atau ajang berbagai lomba keagamaan bagi seluruh umat Buddha Indonesia ke-11 di Magelang 2023 dan masuk enam besar dari 32 kontingen provinsi.

"Di antaranya meraih juara satu seni kaligrafi Buddhis yang dituliskan oleh Shanty Dewi mengambil bait syair dari Mahaparinibbana Sutta," kata Pembimas Umat Buddha, Kanwil Kemenag Provinsi Kaltara Sugiyo di Tanjung Selor, Bulungan, Minggu.

Pada acara yang berlangsung pada 1 sampai 5 November 2023, Kaltara juga meraih juara satu barongsai tradisional yang ditampilkan kontingen Kaltara dengan tema "Singa yang Gagah Berani menyelamatkan Kura-kura, Menebar Kasih, Menuai Kebahagiaan".

Prestasi Kaltara yang lain yakni ceramah Mandarin yang dibawakan oleh Halfini Anggono, membawa tema utama tentang "Moderasi Beragama", memperoleh peringkat harapan satu.

Dari sembilan cabang lomba yang diikuti, kontingen Kaltara berhasil memperoleh peringkat enam nasional dari total 32 kontingen provinsi lainnya.

Baca juga: Kemenag: Swayamvara Tripitaka Gatha ajang tingkatkan penghayatan agama
Baca juga: DKI Jakarta raih juara pertama lomba kajian kitab Tripitaka nasional

STG Nasional XI, tahun 2023 ini mengusung tema 'Meningkatkan Kebersamaan dan Sinergitas Umat Buddha untuk Indonesia Maju".

"Kegiatan STG nasional yang sangat baik dan luar biasa, menyatukan seluruh umat dalam kebersamaan dan sinergitas mewujudkan sebuah semangat kompetisi dan kreatifitas untuk Indonesia," katanya.

Sementara itu, Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang mengucapkan selamat untuk kontingen Kaltara telah berhasil atas capaian peringkat enam nasional.

"Sukses dan terima kasih kami ucapkan kepada delegasi Kaltara karena mengharumkan nama daerah," kata Zainal.

Sedikitnya 1.254 peserta mengikuti rangkaian kegiatan Swayamvara Tripitaka Gatha Nasional ke-11 pada 2023 di Magelang.

Baca juga: Umat Buddha ikuti Indonesia Tripitaka Chanting di Candi Borobudur
Baca juga: Menteri agama buka "Swayamvara Tripitaka Gatha" di Candi Borobudur
Baca juga: 1.000 umat Buddha membaca Tripitaka di Borobudur

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023