Semoga  kemenangan ini dapat menjadi penyemangat bagi para peserta untuk meningkatkan kualitas
Jakarta (ANTARA) -
Provinsi DKI Jakarta berhasil meraih juara pertama lomba pengkajian dan pengembangan kitab suci Tripitaka melalui ajang Swayamvara Tripitaka Gatha (STG) Nasional XI tahun 2023.
 
Acara yang digelar  melalui pendekatan budaya ini digelar di Kota Magelang, Jawa Tengah ini diikuti  peserta yang mewakili 33 provinsi di Indonesia.
 
"Selamat atas pencapaian yang diraih kontingen STG Nasional XI Provinsi DKI Jakarta. Semoga ini menjadi pengalaman berharga dalam membina, memahami, dan mengamalkan ajaran agama Buddha yang bersumber dari kitab suci Tripitaka," kata Asisten Kesejahteraan Rakyat (Askesra) Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Widyastuti dalam keterangan tertulis yang di terima, Minggu.
 
Widyastuti menjelaskan sebanyak 1.254 peserta STG Nasional XI dari 33 Provinsi di Indonesia bersaing memperebutkan piala Presiden. Ada 175 kontingen mengikuti lomba utama dan 135 kontingen lainnya berpartisipasi untuk lomba penunjang.
 
"Terdapat tujuh kategori lomba utama yaitu Baca Dhammapada, Baca Paritta, Baca Sutra atau Mantra atau Dharani, Baca Keng, Dhammadesana Indonesia, Dhammadesana Inggris, dan Dhammadesana Mandarin, " ucapnya.
Pemprov DKI Jakarta menjadi juara pada perlombaan Swayamvara Tripitaka Gatha (STG) Nasional XI tahun 2023 yang berlangsung pada 1 - 5 November 2023 di Magelang, Jawa Tengah, Minggu (5/11/2023) ANTARA/HO-Kominfotik Pemprov DKI Jakarta/aa.

Sementara tujuh kategori lomba penunjang lainnya yaitu Seni Kaligrafi Buddhis, Paduan Suara, Menyanyi Solo, Barongsai, Bercerita Buddhis, Cipta Boga Vegetarian, dan Cipta Tari Kreasi.
 
Adapun besaran apresiasi yang didapatkan oleh kontingen Provinsi DKI Jakarta sebagai peringkat satu yaitu Rp50 juta. Sementara peringkat kedua hingga kelima mendapatkan apresiasi Rp25 juta, peringkat keenam hingga ke sepuluh mendapat Rp15 juta, dan peringkat ke-11 hingga ke-33 mendapat apresiasi sebesar Rp10 juta.
 
"Semoga  kemenangan ini dapat menjadi penyemangat bagi para peserta untuk meningkatkan kualitas keyakinan dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Sang Buddha," kata Widyastuti.
 
STG adalah ajang kompetisi kegiatan nasional yang merupakan lomba Seni dan Baca Kitab Suci Tripitaka. Berlangsung pada 1 - 5 November 2023.
Baca juga: Kemendikbudristek: AKI 2023 ruang apresiasi pelaku budaya
Baca juga: Pemprov DKI beri penghargaan atlet peraih medali POPNAS XVI 2023
Baca juga: DKI Jakarta raih juara 1 Lomba Cerdas Cermat Museum 2023

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023