Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa politik terjadi di Indonesia, Rabu (15/11), mulai dari Presiden Joko Widodo tiba di Bandara Internasional San Francisco, Amerika Serikat, untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) APEC hingga Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali memimpin upacara serah terima jabatan Komandan Korps Marinir (Dankormar) seiring dengan peringatan HUT ke-78 Korps Marinir TNI AL.

Berikut ini lima berita politik menarik pilihan ANTARA.

1. Jokowi tiba di San Fransisco untuk hadiri KTT APEC

Presiden Joko Widodo tiba di Bandara Internasional San Francisco, Amerika Serikat, Selasa waktu setempat atau Rabu waktu Indonesia, untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) APEC.

Jokowi tiba di San Fransisco setelah menempuh penerbangan selama lima jam dari Washington D. C.

Selengkapnya baca di sini.


2. Ma'ruf Amin sebut tiga isu krusial perlu dihindari dalam Pemilu 2024

Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyebut ada tiga isu krusial yang perlu dihindari selama penyelenggaraan Pemilu 2024, yaitu penyebaran hoaks, ujaran kebencian dan disinformasi seputar pemilu, serta politik identitas dan politik uang.

"Isu-isu itu akan menghambat proses peningkatan kualitas dan pendewasaan demokrasi di Indonesia," kata Ma’ruf Amin dalam acara "Habibie Democracy Forum" di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.


3. Menhan AS bertemu menteri pertahanan se-ASEAN di Jakarta

Menteri Pertahanan Amerika Serikat Lloyd J. Austin III bertemu dengan menteri-menteri pertahanan se-ASEAN, kecuali Myanmar, dalam pertemuan tidak resmi ASEAN-AS yang merupakan rangkaian ADMM-Plus di Jakarta, Rabu.

ASEAN-US Defence Ministers’ Informal Meeting berlangsung sehari sebelum pertemuan ke-10 ASEAN Defence Ministers’ Meeting (ADMM) Plus di Jakarta, Kamis (16/11), yang mempertemukan menhan se-ASEAN dengan menteri-menteri pertahanan dari negara-negara mitra ASEAN, yaitu AS, Jepang, Australia, China, India, Selandia Baru, Rusia, dan Korea Selatan.

Selengkapnya baca di sini.


4. Kabaharkam: Polri gelar tiga operasi pengamanan Pemilu 2024

Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Komjen Pol. Fadil Imran mengatakan bahwa Polri menggelar tiga operasi untuk pengamanan Pemilu 2024, yang telah berjalan mulai tahun ini.

Dia menyebut tiga operasi itu dilakukan mulai dari tahapan pendaftaran calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) hingga pengucapan sumpah janji presiden dan wakil presiden terpilih.

Selengkapnya baca di sini.


5. Kasal pimpin sertijab dankormar dan HUT ke-78 Korps Marinir

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) Komandan Korps Marinir (Dankormar) dari Letjen TNI (Mar) Nur Alamsyah kepada Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi.

"Saya sangat yakin dengan kapasitas dan kapabilitas yang dimiliki, Mayor Jenderal Endi Supardi akan mampu mengemban amanah ini dengan sebaik-baiknya," kata Ali dalam upacara sertijab di Kesatrian Marinir Hartono, Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023