San Francisco (ANTARA) - Pertemuan Tingkat Menteri Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) 2023 dimulai pada Selasa (14/11) dengan berfokus pada penciptaan masa depan yang tangguh dan berkelanjutan.

Keterhubungan, inovasi, inklusivitas, dan menggali potensi masyarakat yang masih belum tersentuh merupakan prioritas di masa depan, menurut Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken.

Blinken turut menjadi pembicara dalam sesi pleno pembukaan pertemuan APEC tersebut bersama Perwakilan Dagang AS Katherine Tai.

Blinken mencatat terdapat banyak tantangan ekonomi meski ada kemajuan menuju masa depan yang lebih sejahtera selama tiga dekade terakhir.

Sementara itu, Tai menyoroti ancaman rantai pasokan yang rapuh, meningkatnya ketidaksetaraan dan kerawanan ekonomi, krisis iklim yang semakin parah, dan meningkatnya ketegangan geopolitik.

Pertemuan tingkat menteri APEC yang berlangsung selama dua hari itu akan dilanjutkan dengan Pertemuan Pemimpin Ekonomi APEC yang dijadwalkan berlangsung pada 15-17 November.

Pewarta: Xinhua
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2023