Shenzen, China (ANTARA/PRNewswire)- Huawei mengumumkan 57 pemenang XMAGE Awards 2023. Kompetisi ini, mengapresiasi foto-foto yang diambil dengan perangkat Huawei, menghasilkan tiga pemenang Grand Prize, 17 pemenang Best-in-Category, 34 pemenang Runner-up, serta tiga pemenang Honorable Mentions.

Para pemenang tahun ini dipilih dari sekitar 600.000 karya yang didaftarkan peserta di hampir 100 negara pada 7 April-5 Agustus lalu. Setelah Tiongkok, lima negara dengan jumlah karya terbanyak adalah Malaysia, Türkiye, Polandia, Filipina, dan Uni Emirat Arab. Sementara, model ponsel terpopuler yang digunakan peserta adalah HUAWEI P60 Pro, HUAWEI P40 Pro, dan HUAWEI Mate 40 Pro.

Tiga karya foto pemenang Grand Prize yang memukau dewan juri

"Dragon Clouds" karya Domcar Calinawan Lagto asal Filipina, "Airshow" karya Piotr Cebula asal Polandia, dan "Fearless Eagle" karya Dou Chuanli asal Tiongkok sukses membawa pulang Grand Prize. Setiap pemenang akan membawa pulang US$ 10.000 (sebelum dipotong pajak) dari dana kreator XMAGE. Hadiah tunai ini akan mendukung karya fotografi para pemenang dan mendorong mereka agar terus menggunakan perangkat Huawei.

Komentar juri: Ketika seorang fotografer mampu menantang konsep-konsep umum, kami baru dapat mengamati adegan yang menjelang lenyap, di luar kebiasaan, atau sulit dilihat—Chen Xiaobo, 9th Vice President, China Photographers Association

Komentar juri: Sebuah karya foto lebih sering memunculkan pertanyaan ketimbang jawaban. Jadi, karya foto memancing imajinasi orang yang mencermatinya. Apakah sebuah pesawat mendarat dengan selamat, atau jatuh? Apa yang akan terjadi? Siapa sosok pria yang tampil sebagai bayangan? Kita menemukan kisah yang tengah terjadi dan gerakan dari foto ini mengajak pemirsa mengisi kekosongan.—Fotografer potret asal Australia, Jessica Hromas.

Komentar juri: Selain yang terlihat dari luar, kita harus mencermati sosok di dalam subjek foto, karakternya, atau emosi mereka pada momen ketika dipotret. Namun, saya selalu mengenang karya foto ini—sebab, foto ini mengabadikan jiwa seekor burung elang. Di balik tubuh kekar, bulu lebat, kita mencermati sepasang mata bersorot tajam dan sangar—Fotografer mode asal Tiongkok, Pei Tongtong

Kategori baru yang menginspirasi kreativitas spektakuler

Kompetisi tahun ini terdiri atas beragam kategori, termasuk Night Walk, Portrait, Art & Fashion, Outdoor, Hello Life, Storyboard, Action, dan Storytelling. Sejumlah kategori baru juga tersedia agar peserta kompetisi dapat menuangkan kreativitas dan memperlihatkan perspektif unik.

Tujuh belas pemenang Best-in-Category dan 34 pemenang Runner-up terpilih untuk setiap kategori tersebut. Setiap pemenang meraih US$ 1.500 dan US$ 1.000 dari dana kreator XMAGE.

XMAGE Awards memperlihatkan fitur foto profesional XMAGE

Ajang HUAWEI XMAGE Awards memperlihatkan kiprah XMAGE sebagai merek yang menginspirasi kreativitas pengguna ketika memakai perangkat seluler. Huawei menilai, fotografi ponsel (mobile imaging) sebagai sarana canggih untuk mengamati dan mengabadikan momen berharga dalam kehidupan, serta alat merangsang ide visual. Misi ajang ini adalah membantu pengguna menuangkan kreativitas dan terus membuat terobosan fotografi ponsel.

Ajang HUAWEI XMAGE Awards telah digelar sejak 2017. Tak hanya menjadi inspirasi bagi banyak orang untuk memakai ponsel dan membuat karya foto yang memukau, namun ajang ini telah menjadi panggung yang memperlihatkan berbagai karya menarik agar berbagai orang dapat menggunakan perspektif seorang fotografer saat mengamati dunia dan kehidupan sehari-hari. Kini, XMAGE Awards telah berkembang sebagai ajang fotografi terkemuka di dunia. Bahkan, ajang ini sukses meningkatkan minat berbagai orang untuk mengekspresikan emosi, membangun kepercayaan diri, serta menghadirkan "kekuatan citra" lewat fotografi ponsel.

Daftar pemenang selengkapnya tersedia di situs resmi:

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023