Amerika Serikat akan bekerja sama dengan masyarakat soal standard lingkungan sesuai aturan negara untuk mengatasi isu deforestasi
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan
dan Wakil Menteri Pertumbuhan Ekonomi Energi dan Lingkungan Amerika Serikat Jose W. Fernandez sepakat untuk bekerja sama dalam mengatasi deforestasi.

Hal ini disampaikan Zulkifli dalam pertemuan bilateral dengan Fernandez di sela-sela kegiatan kegiatan Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) 2023 di San Fransisco, Amerika Serikat, Kamis.

Zulkifli mengusulkan kerja sama soal pengembangan sumber baterai untuk pengembangan ekosistem kendaraan listrik, sebab Indonesia hanya memiliki nikel sehingga akan lebih baik jika dikombinasikan dengan bahan lain, seperti lithium.

"Indonesia tidak punya lithium sehingga bagus bila di-combine dengan nikel," ujar Zulkifli melalui keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Terkait dengan kerja sama tersebut, Fernandez menyoroti adanya isu deforestasi terkait penambangan nikel. Ia menyebut Amerika Serikat akan bekerja sama dengan masyarakat soal standard lingkungan sesuai aturan negara untuk mengatasi isu deforestasi.

Baca juga: Mendag: Indonesia-AS sepakati kemitraan strategis komprehensif

Baca juga: Mendag dampingi Presiden Jokowi dalam KTT OKI dan APEC 2023


Zulkifli pun menyetujui untuk menindaklanjuti semua kesepakatan dengan Amerika Serikat. Lebih lanjut dalam forum itu juga dibahas peningkatan status kemitraan dengan RI dari Strategic Partner menjadi Comprehensive Strategic Partnership.

Indonesia juga meminta dukungan Amerika Serikat terkait keanggotaan Indonesia di Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD).

Lebih lanjut, Indonesia meminta Amerika Serikat mendukung Indonesia dalam transisi energi keberlanjutan dan masuknya mineral kritis ke Indo-Pacific Economic Framework (IPEF) atau standalone. Indonesia juga meminta dukungan terkait Generalized System of Preferences (GSP).

Amerika Serikat disebut telah mengatur Mineral Security Partnership dengan 13 negara dan Uni Eropa serta mendukung empat proyek di seluruh dunia.

Untuk itu, ia memberikan dua usulan, yakni memberikan bantuan teknis untuk aspek lingkungan dan lainnya serta membantu promosi ke pihak swasta untuk memberikan investasi ke Indonesia.

Baca juga: Mendag sebut besi dan baja komponen utama ketahanan ekonomi nasional

Baca juga: Mendag: Pemerintah susun revisi permendag tentang broker properti

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023