Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Program Kedaireka mengadakan gelaran Merdeka Innovation Summit 2023 (MIS 2023) untuk mendorong kolaborasi inovasi internasional untuk masa depan Indonesia.

"Acara ini tidak hanya menjadi wahana kolaborasi inovasi tingkat nasional, tetapi juga membuka peluang kolaborasi inovasi secara internasional," kata Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek Prof Nizam dalam acara tersebut di Jakarta, Kamis.
 
Nizam menyebutkan acara ini diadakan untuk mendorong kolaborasi antara Perguruan Tinggi (PT), Pemerintah, serta mitra yang terdiri atas industri dan inventor kelas internasional, untuk dapat mengakselerasi upaya inovasi nasional.
 
Melalui acara ini, dia berharap seluruh aspek masyarakat termasuk industri dan PT menjadi lebih sadar terhadap pentingnya inovasi yang harus dilakukan oleh sebuah negara dalam menghadapi tantangan masa depan.
 
"Fakta saat ini banyak masyarakat yang belum sadar akan pentingnya inovasi, terlihat dari investasi swasta terhadap R&D (penelitian dan pengembangan) itu rendah," ujarnya.

Baca juga: Kemendikbudristek alokasikan Rp750 miliar untuk dana padanan 2024

Baca juga: Nadiem: Kedaireka dorong inovasi pendidikan tinggi dan industri

 
Untuk itu, Nizam mengharapkan acara ini dapat menjadi titik temu bagi PT dan industri untuk dapat melakukan investasi terhadap inovasi nasional, yang juga didorong dengan insentif yang diberikan melalui Program Kedaireka Matching Fund.
 
Dalam kesempatan yang sama, Ketua Pelaksana Merdeka Innovation Summit Achmad Adhitya menambahkan Merdeka Innovation Summit 2023 berperan sebagai wadah untuk menyoroti peran krusial yang dimainkan oleh setiap pemangku kepentingan dalam mendorong inovasi dan menciptakan solusi.
 
"Tema utama acara, 'Knowledge-Powered Economic Resilience through Innovation' mencerminkan semangat kolektif Indonesia dalam mewujudkan visi besar. Tujuan utama dari summit ini adalah mendorong kolaborasi inovasi yang revolusioner, oleh karena itu kami juga hadirkan pakar-pakar inovasi terbaik mancanegara," ujar Adhitya.
 
Acara yang diselenggarakan pada 16-17 November 2023 di Hotel Bidakara Indonesia, Jakarta ini turut menghadirkan sejumlah pemangku kebijakan, akademisi, perwakilan industri, serta inovator dari berbagai latar belakang.
 
Selain itu, acara yang terbagi atas empat segmen utama ini peserta dapat memiliki kesempatan unik untuk belajar, berjejaring, dan berkolaborasi. Melalui berbagai diskusi, dialog, dan pertukaran pengetahuan, acara ini bertujuan untuk memupuk hasrat kuat untuk tindakan kolektif, serta mengembangkan budaya kolaborasi dan inovasi sesuai dengan visi Indonesia Emas 2045.
 
Acara ini gratis dan terbuka untuk publik. Untuk informasi lebih lanjut dan rincian pendaftaran, dapat diakses melalui tautan https://merdekainnovationsummit.id/.

Baca juga: Kemendikbudristek: Matching Fund-Kedaireka akselerasi riset-inovasi

Baca juga: Industri dapat danai penelitian melalui Kedaireka Innovation Fund

Pewarta: Sean Muhamad
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023