Saya merasa enak sekali, sebentar sudah sampai di sini. Itu manfaat yang kita syukuri
Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin terkesan dengan waktu tempuh Jakarta-Bandung yang dicapai hanya dalam 40 menit berkat keandalan transportasi Kereta Cepat Whoosh.

Pernyataan itu disampaikan Wapres Ma'ruf usai menjajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung untuk kali pertama, Kamis, dari Stasiun KCIC Halim, Jakarta Timur, menuju Stasiun Kereta Cepat Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

"Saya merasa enak sekali, sebentar sudah sampai di sini. Itu manfaat yang kita syukuri," kata Ma'ruf melalui YouTube Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres) di Jakarta.

Ma'ruf yang berangkat sekitar pukul 09.15 WIB dari Jakarta, tiba di Kabupaten Bandung dalam waktu tempuh sekitar 40 menit dan merasa terkesan atas kenyamanan sistem kereta api berkecepatan tinggi pertama di Asia Tenggara itu.

Dalam kesempatan itu, Ma'ruf juga merespon tentang tanggapan beragam masyarakat atas kehadiran transportasi Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Indonesia.

Ia mengatakan sejak awal proses pencanangan pengadaan kereta tersebut, Whoosh menjadi salah satu alternatif transportasi yang memberikan kemudahan bagi masyarakat.

“Terlepas pro-kontra, transportasi ini memberikan kemudahan-kemudahan kepada kita yang beraktivitas, seperti saya atau yang lain. Saya kira itu nilai baiknya,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Wapres juga mengajak masyarakat berfokus dengan kondisi di masa sekarang, sebab banyak masyarakat terbantu dengan adanya Whoosh yang memudahkan mereka dapat lebih cepat untuk sampai di Bandung.

“Masalah pro-kontra itu sudah lewat. Sekarang kita memanfaatkan untuk kebutuhan, untuk lebih cepat,” katanya.

Mengakhiri keterangannya, Wapres mengajak masyarakat untuk dapat menggunakan Whoosh yang memiliki kecepatan operasional hingga 350 km/h ini, sehingga apabila hanya memiliki aktivitas satu hari di Bandung dapat menghemat waktu untuk kembali ke Jakarta.

Wapres Ma'ruf hadir di Bandung untuk menyampaikan orasi ilmiah pada Sidang Senat Terbuka Universitas Islam Nusantara (UNINUS) di Aula UNINUS, Jalan Soekarno Hatta Nomor 530 Sekejati, Kecamatan Buahbatu, Bandung, Jawa Barat.

Turut mendampingi Wapres Pj Gubernur Jawa Barat Bey T Machmuddin, Ketua Pengurus Yayasan UNINUS Bandung KH Hasan Nuri Hidayatullah, Plt Rektor UNINUS Bandung Endang Komara, dan Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2023