enggak semua transportasi bisa masuk lokasi,
Jakarta (ANTARA) - Anggota DPRD DKI Yuke Yurike meminta warga yang tinggal di daerah genangan agar bisa menyediakan perahu karet secara mandiri selama musim hujan.

"Warga juga harus mandiri punya alat untuk mitigasi bencana seperti perahu karet karena enggak semua transportasi bisa masuk lokasi," kata Yuke saat ditemui di gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis.

Yuke menuturkan pihaknya seringkali menemukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta maupun personel penyelamatan lainnya kesulitan untuk mengevakuasi terdampak banjir di sejumlah wilayah.

Menurut dia akses jalan yang sempit menuju rumah warga menjadikan mobil tim evakuasi kesulitan untuk menjangkau lokasi.

"Disayangkan mereka jadinya memakai apa aja, ada yang pakai bathtube bekas atau ember untuk mengangkut lansia," tuturnya.

Selain itu, dia juga mengimbau kepada Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI maupun Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) untuk rutin melakukan pengerukan selama musim hujan.

Menurut dia pihak terkait perlu menyiapkan sejumlah alat yang sekiranya mampu menjangkau kali-kali kecil di sekitar Jakarta Selatan yang menjadi kawasan rawan banjir.

"Ada kali kecil seperti di kawasan Ragunan, Mampang, hingga Pejaten Timur yang enggak bisa manual ataupun pakai alat karena kanan kirinya rumah," jelasnya.

Saat ini, Dinas SDA Provinsi DKI memiliki 549 unit pompa permanen/statis (stasioner) di 195 lokasi, pintu air sebanyak 799 unit di 547 lokasi, pompa bergerak (mobile) sebanyak 566 unit, dan alat berat sebanyak 240 unit.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengerahkan 240 alat berat untuk pengerukan di sejumlah sungai, termasuk di Kali Ciliwung yang berada di Kelurahan Bidara Cina, Jakarta Timur, dan Kelurahan Kebon Baru, Jakarta Selatan, pada Jumat.

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan, kegiatan yang telah dimulai sejak pekan lalu itu sebagai langkah untuk mengantisipasi banjir akibat debit air hujan tinggi hingga meluap.
Baca juga: Basarnas gelar simulasi penanganan korban kritis di banjir Jakarta
Baca juga: DKI Jakarta keruk semua kali antisipasi banjir saat puncak musim hujan
Baca juga: Pushidrosal tekankan pentingnya edukasi publik tentang banjir rob

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023