Pasar ekuitas AS ditutup bervariasi (mixed), mengakhiri kinerja semester pertama terbaik di Dow sejak 1999, ketika para pedagang bergulat dengan sejumlah besar rilis laba perusahaan yang mengecewakan dan penurunan lebih besar dari yang diantisipasi d
New York (ANTARA News) - Saham-saham di Wall Street sebagian besar ditutup lebih rendah pada Jumat (Sabtu pagi WIB), setelah mengalami reli selama tiga hari, dengan saham BlackBerry terpukul setelah melaporkan kerugian kuartalan yang mengejutkan.

Indeks Dow Jones Industrial Average jatuh 114,89 poin (0,76 persen) menjadi berakhir di 14.909,60.

Indeks berbasis luas S&P 500 turun 6,92 poin (0,43 persen) pada 1.606,28, sementara indeks komposit teknologi Nasdaq naik tipis 1,38 poin (0,04 persen) menjadi 3.403,25.

"Pasar ekuitas AS ditutup bervariasi (mixed), mengakhiri kinerja semester pertama terbaik di Dow sejak 1999, ketika para pedagang bergulat dengan sejumlah besar rilis laba perusahaan yang mengecewakan dan penurunan lebih besar dari yang diantisipasi dalam kegiatan manufaktur daerah," kata Charles Schwab & Co. dalam sebuah catatan pasar.

Penutupan kacau menyusul reli tiga hari karena berkurangnya kekhawatiran bahwa Federal Reserve bisa bergerak untuk mengetatkan kebijakan moneternya lebih cepat daripada yang telah diperkirakan.

Dalam upaya yang terkoordinasi, beberapa pejabat Fed selama dua hari terakhir menekankan dalam pidato dan briefing bahwa pasar telah bereaksi berlebihan terhadap pengumuman Fed minggu lalu bahwa bank sentral bisa mulai mengurangi program stimulusnya pada akhir tahun ini.

Saham pembuat BlackBerry, Research in Motion terpukul keras, jatuh 27,8 persen menjadi 10,46 dolar AS setelah berbalik dalam kerugian mengejutkan sebesar 84 juta dolar AS untuk kuartal yang berakhir 1 Juni, meskipun ada peningkatan pendapatan dari peluncuran telepon pintar (smartphone) baru perusahaan.

Nike berlari 2,2 persen lebih tinggi setelah perolehan labanya mengalahkan estimasi.

Saham Biogen Idec, yang membuat obat terapi, melonjak 3,1 persen, dibantu oleh peningkatan peringkat sahamnya menjadi "beli" dari Citigroup.

Konsultan manajemen dan spesialis alih daya Accenture kehilangan 10,3 persen setelah melaporkan pendapatan lebih rendah dari yang diharapkan di kuartal fiskal ketiga dan memangkas prospek pendapatannya untuk 2013.

Anggota Dow, IBM dan Cisco Systems turun, masing-masing sebesar 2,3 persen dan 1,2 persen.

Pfizer turun 0,6 persen setelah mengumumkan program beli kembali saham 10 miliar dolar AS.

Harga obligasi bervariasi setelah dua hari meningkat. Imbal hasil pada obligasi 10-tahun AS adalah 2,48 persen, tidak berubah dari Kamis, sementara pada obligasi 30-tahun turun menjadi 3,50 persen dari 3,55 persen. Harga obligasi bergerak terbalik terhadap imbal hasil, demikian AFP.

(A026)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013